Breaking News:

Berita Sragen

Peringati Hari Air, Forum Peduli DAS Sragen Tanam Bibit Pohon di Embung Ngepringan Jenar

Memperingati Hari Air Sedunia, Forum Peduli DAS Sragen adakan penanam bibit pohon di Embung Ngepringan.

Istimewa/PMI Sragen
Penanaman bibit pohon oleh relawan PMI, relawan Ganefo dan masyarakat di Embung Ngepringan, Kecamatan Jenar, Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Memperingati Hari Air Sedunia, Forum Peduli Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Sragen mengadakan penanam bibit pohon di Embung Ngepringan, Kecamatan Jenar.

Kegiatan ini didukung penuh oleh dinas terkait seperti Dinas PUP

Penanaman bibit pohon oleh relawan PMI, relawan Ganefo dan masyarakat di Embung Ngepringan, Kecamatan Jenar, Sragen.
Penanaman bibit pohon oleh relawan PMI, relawan Ganefo dan masyarakat di Embung Ngepringan, Kecamatan Jenar, Sragen. (Istimewa/PMI Sragen)

R, Bappeda Litbang, Dinas Lingkungan Hidup, PDAM Sragen, BAZNAS Sragen serta Pemdes Ngepringan.

Mereka menyumbangkan sebanyak 170 pohon berbagai jenis guna penghijauan di Embung Ngepringan. Guna menanam pohon ini, sejumlah relawan digerakkan.

Mulai dari relawan PMI, relawan Ganefo serta masyarakat Desa Ngepringan bersama-sama menanam bibit pohon di sekitar waduk Ngepringan Jenar.

Ketua Forum Peduli DAS Kabupaten Sragen sekaligus Wakil Ketua 1 PMI Sragen, Soewarno mengatakan kegiatan ini sebagai upaya penyadaran kepada masyarakat akan arti pentingnya air bagi kehidupan.

Dia berpendapat, lingkungan hidup merupakan milik anak cucu. Dimana generasi saat ini hanya meminjam milik anak cucu, oleh karena itu wajib memelihara lingkungan hidup.

"Harapan kami tentu masyarakat semakin hemat dan bijak dalam memanfaatkan air. Air merupakan salah satu kebutuhan pokok hidup manusia," katanya.

Dia melanjutkan Embung Ngepringan dipilih, karena kesiapan masyarakat dan Pemdes Ngepringan untuk memelihara tanaman.

"Pihak desa mengatakan, jalam masuk ke Embung pun oleh masyarakat sekitar merelakan tanah mereka untuk jalan dan lahan untuk tempat parkir," katanya.

Sebanyak 170 bibit pohon dari berbagai jenis telah ditanam kemarin, Kamis (25/3/202). Jenis pohon antara lain trembesi, ketapang, bungur dan tabebuya.

"Kegiatan ini didukung penuh dari Dinas Lingkungan Hidup yang telah menyerahkan 170 bibit pohon, Dinas PUPR, Bappeda,  PDAM Sragen, BAZNAS Sragen dan Pemdes Ngepringan juga sangat mendukung," katanya.

Sementara itu, Forum Peduli DAS Sragen mengerahkan sebanyak 30an relawan dalam kegiatan penanaman bibit pohon di waduk Ngepringan Jenar Sragen.

"Meski peringatan sendiri sudah pada 22 Maret lalu tapi kami tetap semangat menyelenggarakan kegiatan. Rencananya nanti (9/4) bu Bupati juga akab melakukan penanaman disana," pungkasnya. (*)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved