Breaking News:

Berita Solo

PWI Solo Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Upaya Bangun Ekosistem Media Sehat 

Sebanyak 54 wartawan Solo Raya mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) di Hotel Alila, Jumat-Sabtu.

Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Para peserta uji kompetensi wartawan (UKW) ketika diberi materi mengenai teknik wawancara dengan narasumber di Hotel Alila, Jumat (26/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Sebanyak 54 wartawan Solo Raya mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) yang diselenggarakan di Hotel Alila, Jumat-Sabtu (26-27/3/2021). 

Uji kompetensi profesi itu yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Solo itu terbagi atas 3 tingkatan yaitu Muda, Madya, dan Utama. 

Ketua PWI Solo, Anas Syahirul menyampaikan UKW digelar sebagai upaya membangun ekosistem media yang sehat, berkualitas, dan profesional. 

"Ini tanggung jawab kita bersama, sehingga kita harus mencari format yang pas. Salah satu tolok ukurnya ya lewat UKW ini," ucapnya, Jumat (26/3/2021). 

Menurut Anas, wartawan di Kota Solo  banyak yang belum memiliki kompetensi atau sertifikasi kompetensi. 

"Sehingga kami memandang bahwa kami harus mengupayakan ke Dewan Pers bahwa Solo bisa menggelar untuk UKW," jelasnya. 

Dia berharap, uji kompetensi profesi nagi insan media ini terus berkelanjutan. Sehingga, profesionalitas wartawan bisa terus ditingkatkan. 

"Dan ini juga rekor, sebanyak 54 peserta. Dibanding sebelum-sebelumnya 20-25 pers. Alhamdulillah Dewan Pers juga setuju digelar di Solo ketika kami meminta mereka untuk bantuan," ungkapnya. 

Karena, lanjut Anas, terus terang pihaknya tidak bisa menggelar secara sendiri. Hal itu kebutuhan finansial kegiatan cukup besar. 

"Sehingga kami harus mencari format-format kerjasama dengan pihak yang mau membantu kami untuk menciptakan ekosistem media yang baik," jelasnya. 

Dia menuturkan, ke depan, Dewan Pers juga punya program yang kaitannya dengan kerjasama, yakni media harus memiliki sertifikasi kompetensi. 

"Salah satunya kemarin misalnya Ubah Laku salah satu syaratnya harus menyertakan sertifikasi kompetensi," tandasnya. (*) 

Penulis: Muhammad Sholekan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved