Breaking News:

Berita Semarang

Asah Kreativitas Mahasiswa Arsitektur, HIMA Universitas Pandanaran Gelar Sayembara

HIMA Universitas Pandanaran menggelar sayembara re-design eco building Basilia Restaurant

Istimewa
Para peserta finalis sayembara re-design eco building Basilia Restaurant mempresentasikan hasil karya secara virtual, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HIMA) Universitas Pandanaran menggelar sayembara re-design eco building Basilia Restaurant. 350 mahasiswa dari berbagai PTN dan PTS seluruh Indonesia menjadi peserta dalam sayembara tersebut.

Kaprodi Arsitektur Universitas Pandanaran, Mutiawati Mandaka mengatakan, pesatnya perkembangan dunia arsitek perlu diimbangi dengan peningkatan kreativitas dari sejumlah mahasiswa arsitektur.

"Melalui kegiatan sayembara mahasiswa re-design eco building Basilia Restaurant ini, diharapkan dapat mengasah kreativitas mahasiswa arsitektur," kata Mutiawati, dalam keterangannya di Semarang, Minggu (28/3/2021).

Mutiawati menuturkan, tujuan diadakan sayembara tersebut adalah agar desain yang sudah direncanakan pada saat perkuliahan lebih terlihat kreatif inovatif dan sesuai dengan tuntutan zaman. Selain itu, mahasiswa dapat memiliki pengalaman berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dari PTN dan PTS di seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini juga merupakan implementasi dari perkuliahan yang sudah diikuti mahasiswa," paparnya.

Penjurian sayembara dilakukan melalui 2 tahap. Pertama, peserta memasukkan karyanya. Kemudian diseleksi dan ditentukan 5 finalis. Para finalis kemudian dilakukan penjurian tahap kedua diikuti presentasi kepada para juri secara virtual.

Tim juri terdiri dari Dosen Prodi S1 Arsitektur Universitas Pandanaran yaitu Anityas Dian Susanti, Dosen Prodi S1 Arsitektur Universitas Diponegoro Resza Riskiyanto, juga dari Owner Basilia Group Hannes Mathias Engeler.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Pandanaran, Adi Sasmito menambahkan, sayembara ini mengambil konsep eco building. Dikatakannya, konsep eco building sangat penting di era sekarang karena membangun dengan memperhatikan keselarasan dengan alam, pencahayaan dan penghawaan alami dan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Sayembara tersebut berhasil dimenangkan tim Universitas Pandanaran. Menurut Owner Basilia Group Hannes Mathias Engeler, mahasiswa arsitek Universitas Pandanaran berhasil menghasilkan desain yang iconic, suistainable dan green building sesuai dengan tema sayembara yaitu eco building. (*)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved