Breaking News:

Militer Filipina Siap Perang Lawan Ancaman Kapal China

militer Filipina akan meningkatkan kehadiran angkatan laut di Laut China Selatan untuk melakukan patroli kedaulatan dan melindungi nelayan.

Editor: Vito
BBC Indonesia
ilustrasi - Militer Filipina 

TRIBUNJATENG.COM, MANILA - Militer Filipina mengirimkan pesawat tempur ringan untuk berjaga terhadap ratusan kapal China yang berada di Laut China Selatan.

Keprihatinan internasional telah tumbuh terhadap situasi yang digambarkan Filipina sebagai kehadiran yang mengepung dan mengancam, dari lebih dari 200 kapal China, yang diyakini Manila diawaki oleh milisi maritim.

Melansir Reuters pada Minggu (28/3), kapal-kapal China itu bersandar di Whitsun Reef di dalam zona ekonomi eksklusif Filipina, 200 mil dari Manila.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana, pada Sabtu (27/3), mengatakan, pesawat militer Filipina dikirim setiap hari untuk mengamati situasi di Laut China Selatan yang diakui China sebagai wilayahnya.

Menurut dia, militer juga akan meningkatkan kehadiran angkatan laut di Laut China Selatan untuk melakukan patroli kedaulatan dan melindungi nelayan Filipina.

"Aset udara dan laut kami siap untuk melindungi kedaulatan dan hak kedaulatan kami," tandasnya.

Sementara, Kedutaan Besar China di Manila mengklaim bahwa kapal-kapal China di Whitsun Reef adalah kapal penangkap ikan yang berlindung dari laut yang ganas, dan tidak ada milisi di dalamnya.

Namun, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, melalui juru bicaranya, menegaskan kepada duta besar China, Huang Xilian, bahwa Filipina telah memenangkan kasus arbitrase penting pada 2016. Di dalamnya memperjelas hak kedaulatan Filipina di tengah klaim oleh China.

Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, China, dan Vietnam memiliki klaim teritorial yang bersaing di Laut China Selatan, di mana dilalui sebagai jalur perdagangan setidaknya bernilai 3,4 triliun dollar AS (Rp 49 kuadriliun) setiap tahun. (Kompas.com)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved