Breaking News:

Usai Makan Soto Semarang, Sri Mulyani Sebut Industri Kuliner Penyumbang Terbesar Ekonomi Kreatif

Tak jarang kuliner menjadi branding yang mengangkat nama suatu wilayah, dan masuk menjadi satu sub sektor yang menyumbang ekonomi kreatif Indonesia.

Tribun Jateng/ Saiful Masum
Menkeu Sri Mulyani mengunjungi Kabupaten Kendal. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengingatkan, setiap daerah memiliki kuliner yang khas. Kekhasan itu bisa menjadi daya tarik, karena cita rasa maupun kenangan di dalamnya.

Bahkan, tak jarang kuliner menjadi branding yang mengangkat nama suatu wilayah, dan masuk menjadi satu sub sektor yang menyumbang ekonomi kreatif Indonesia.

“Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kuliner sebagai sub sektor penyumbang PDB terbesar dari ekonomi kreatif, rata-rata tiap tahun sekitar 43 persen dari total PDB ekonomi kreatif,” katanya, dalam akun Instagram pribadinya, @smindrawati.

Dengan adanya pandemi covid-19 ini, bendahara negara itu prihatin, karena industri kuliner ikut terkena imbasnya. Khususnya bagi pelaku kuliner yang berada di kawasan tujuan wisata yang tertekan karena penurunan jumlah wisatawan.

Namun, Sri Mulyani bersyukur karena di zaman digitalisasi ini, ada perkembangan tren yang bisa membantu industri kuliner, khususnya kuliner UMKM, seperti platform aplikasi berbasis transportasi, media sosial, dan marketplace.

Ia pun berharap, pemilik usaha kuliner terus giat berinovasi agar bisa menawarkan produk kuliner yang berkualitas dan disukai masyarakat. Tak hanya memenuhi selera, tetapi juga bisa memenuhi gaya hidup masyarakat.

Berbicara soal kuliner khas daerah, Sri Mulyani menyebut satu makanan kesukaannya adalah Soto Semarang. Saat bertandang ke Semarang dalam pekan lalu, ia pun menyempatkan diri mengunjungi satu kedai soto Semarang.

Satu alasannya menggemari kudapan itu karena pernak-pernik pendamping soto yang banyak dan enak, seperti perkedel, tempe, hingga sate kerang.

Dia menambahkan, satu hal yang menambah makan soto Semarang saat itu menjadi lebih menyenangkan, karena ia bisa menikmatinya bersama dengan tim Kementerian Keuangan sembari mengobrol santai untuk mengakhiri kegiatan kunjungan. (Kontan/Bidara Pink)

Editor: Vito
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved