Breaking News:

Pertamina Cilacap

60 Ribu Lampu Dimatikan selama Earth Hour 2021, Ini Penghematan Kilang Pertamina Cilacap

Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap ikut ambil bagian dalam momentum Earth Hour 2021.

IST
Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap ikut ambil bagian dalam momentum Earth Hour 2021 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAPPertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap ikut ambil bagian dalam momentum Earth Hour 2021, Sabtu malam (27/3/2021).

Ini merupakan aksi global serentak di seluruh dunia sebagai bukti kepedulian lingkungan dengan mematikan lampu selama satu jam, mulai 20.30 – 21.30 WIB.

Pada Earth Hour bertema Raise your Voice for Nature ini pemadaman serentak dilakukan di beberapa titik RU IV, meliputi gedung Head Office (HO), komplek Perumahan Pertamina Donan, Patra Lomanis Residence, Taman Harmonis, komplek Perumahan Pertamina Gunung Simping dan komplek Perumahan Pertamina Tegalkatilayu.

“Pertamina sebagai perusahaan penyedia energi Nasional tentu tak ingin melewatkan aksi bersama seluruh masyarakat dunia ini,” kata Hatim Ilwan, Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap.

Lebih lanjut selama satu jam pemadaman listrik tersebut, Pertamina bersama masyarakat di area RU IV berhasil memadamkan lebih dari 60 ribu buah lampu LED, dengan perkiraan nilai penghematan hampir Rp 1 juta.

“Dari daya awal 2.473 kilowatt, daya mitigasi 1.937 kilowatt, dengan catatan penurunan 601 kWh dan Reduction Emission sejumlah 513,6 Kg CO2eq,” sebut Hatim.

Diharapkan aksi serentak ini menjadi simbol kebersamaan untuk menyelamatkan bumi.

“Memang hanya berdurasi 60 menit. Namun yang singkat ini semoga berdampak positif karena seluruh dunia terlibat mengistirahatkan bumi. Lalu pada gilirannya akan meningkatkan kesadaran untuk berlaku bijak seperti menghemat air, menghemat pemakaian lampu, AC, dan aksi-aksi kecil lainnya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Hatim.

Diketahui Earth Hour diinisiasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dan sejumlah organisasi lain di Sydney, Australia pada 2007 lalu.

Saat itu para inisiator gerakan ini berhasil mengajak 2,2 juta orang untuk memadamkan lampu selama satu jam, sebagai bentuk dukungan untuk melawan perubahan iklim. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved