Breaking News:

Berita Blora

Blora Kesulitan Manfaatkan Bonus Demografi

Komposisi jumlah penduduk di Kabupaten Blora saat ini didominasi oleh penduduk usia produktif.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: Daniel Ari Purnomo
tribunjateng/m sofri/dok
FOTO ILUSTRASI Bonus Demografi 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Komposisi jumlah penduduk di Kabupaten Blora saat ini didominasi oleh penduduk usia produktif. Penduduk tersebut yakni yang berusia 15 sampai 64 tahun terdapat 71,30 persen.

Jumlah tersebut akan meningkat lebih banyak dalam tujuh tahun ke depan. Sebab, saat itu generasi Z atau yang lahir 2013 ke atas akan masuk dalam kelompok usia produktif.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Blora, Nur Hidayat, mengatakan, fenomena bonus demografi bagi Kabupaten Blora memiliki peluang dan tantangan. Namun, kata dia, ledakan bonus demografi yang terjadi sepertinya bakal sulit diatasi.

"Artinya, Jawa Tengah kelihatannya sulit untuk mengatasi ledakan bonus demografi, karena apa, angkatan kerja yang produktif dengan kesempatan kerja tidak imbang. Secara nasional yang bisa menikmati bonus demografi itu di jawa hanya DKI dan Surabaya. Saya kira belum bisa untuk memanfaatkan bonus demografi ini. Kalau saya melihat begitu," ujarnya.

Khusus Kabupaten Blora, kata Nur Hidayat, memiliki kasus yang sama: antara angkatan kerja dan kesempatan kerja tidak imbang. Ditambah infrastruktur yang memang belum memadahi. 

"Ini bupati baru getol untuk infrastruktur lebih bagus. Di mana-mana jalan itu prasyarat kemakmuran masyarakat. Kalau jalan bagus ekonomi lancar. Kalau ekonomi lancar daya beli masyarakat bisa teratasi," ujar dia.

Lebih dari itu, ujar dia, bonus demografi yang terjadi secara nasional, termasuk Blora, adalah buah kerja keras penyuluh KB dari masa ke masa.

"Penyuluh KB di lapangan itu mendesain masyarakat pasangan subur untuk merencanakan perkawinan dan kehamilan," ujar dia.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved