Breaking News:

USM

Dosen USM Latih Food Photography Pelaku UMKM Gunakan Smartphone

Era digital saat ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut kreatif dan inovatif dalam pemasaran produk.

Istimewa
Para pelaku UMKM mencoba mempraktikkan food photography yang diajarkan dosen Ilmu Komunikasi USM di Gedung Q FTIK USM, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Era digital saat ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dituntut kreatif dan inovatif dalam pemasaran produk agar dapat diterima oleh target konsumen yang lebih luas.

Perkembangan bisnis kuliner membuat para UMKM yang bergelut di bidang kuliner harus mencari inovasi produk dengan cara melakukan pemasaran dan penjualan secara online.

Salah satu yang diperlukan dalam kegiatan promosi dan penjualan online adalah foto produk dalam dunia kuliner biasa disebut dengan food photography. Dengan kualitas foto yang menarik dan estetik tentunya dapat memberi dampak yang efektif dalam proses pemasaran.

Untuk itu, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) melalui program pengabdian kepada masyarakat menggelar kegiatan pengembangan keterampilan bagi pelaku UMKM yang tergabung di Komunitas Partner Gofood lewat kemampuan pengolahan fotografi kuliner atau food photography dengan menggunakan kamera smartphone.

"Pelatihan food photography ini sangat penting untuk para anggota pelapak Gofood guna meningkatkan citra visual yang menarik agar dapat menjangkau perhatian calon konsumen melalui aplikasi online," kata Ketua Tim Pengabdian Masyarakat USM, Citra Safira, dalam keterangannya, Senin (29/3/2021).

Pelatihan food photography ini dilaksanakan di Gedung Q FTIK USM, dan diikuti total 13 peserta. Dalam sesi pelatihan fotografi para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara.

Seorang peserta dalam pelatihan, Sulis memaparkan, bahwa fotografi kuliner sangat bermanfaat dalam proses pemasaran produk melalui aplikasi online. Ia berharap bahwa pelatihan ini dapat memberi impact positif di usahanya.

"Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut di periode selanjutnya, karena acara seperti ini sangat bermanfaat bagi UMKM khususnya di bidang kuliner," ujar Sulis.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Fajriannoor Fanani, juga berharap kegiatan ini bisa terus berlanjut apalagi di tengah pandemi seperti ini. Dikatakannya, ilmu seperti itu tentunya akan sangat diperlukan.

Selain berbagi dengan berbagi ilmu dengan masyarakat luas seperti ini, USM juga turut berkontribusi untuk memberikan pengabdian langsung kepada masyarakat.

"Selain itu materi tentang food photography harapannya dapat menghasilkan foto produk yang sangat menarik yang nantinya dapat digunakan untuk pemasaran sehingga meningkatkan penjualan," harapnya.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved