Breaking News:

Berita Pekalongan

Pencucian Alat Makan Ala Hotel Santika Pekalongan di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai pola kehidupan manusia, termasuk dalam skala prioritas.

Pencucian Alat Makan Ala Hotel Santika Pekalongan di Masa Pandemi
Istimewa
Pembersihan alat makan yang di gunakan oleh para tamu, menjadi konsen khusus bagi Hotel Santika Pekalongan untuk menjaga kebersihan dan keamanan tamu hotel.

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Pandemi Covid-19 telah mengubah berbagai pola kehidupan manusia.

Bukan hanya pola kehidupan yang berubah gaya hidup, dan skala prioritas manusia pun berubah dengan seiringnya waktu.

Kebersihan dan kesterilan menjadi hal yang wajib di perhatikan dengan sangat detail pada masa pandemi ini.

Bagi yang bergerak di bidang food and beverage, kehigienisan bahan dan alat untuk mengolah dan menyajikan makanan kepada pelangganan adalah hal yang sangat mutlak di perlukan pada masa pandemi seperti saat ini.

Hotel Santika Pekalongan sebagai salah satu pelaku di dunia pariwisata dan beverage di Kota Pekalongan, selalu menjamin mutu dan kebersihan dari setiap bahan ataupun peralatan yang di gunakan untuk menjamu setiap tamunya.

Pembersihan alat makan yang di gunakan oleh para tamu juga menjadi konsen khusus bagi Hotel Santika Pekalongan untuk menjaga kebersihan dan keamanan tamu hotel.

"Alat-alat makan yang di gunakan oleh tamu, mengalami berbagai macam tahap khusus setelah di gunakan hingga bisa digunakan kembali, hal ini di lakukan untuk menjaga sterilisasi alat makan yang di gunakan oleh para tamu hotel," kata chef Willy, executive chef Hotel Santika Pekalongan, Minggu (28/3/2021).

Menurut chef Willy, tahapan di mulai dari scraping yaitu alat makan yang kotor datang di bawa oleh team service setelah di clear up dari meja tamu dibersihkan dari sisa sisa makanan hingga benar-benar bersih, lalu proses decoy system alat makan setelah melalui proses pembersihan sisa makanan di tata atau ditumpuk sesuai bentuk dan jenisnya 

Setelah itu, di lakukan proses soaking atau perendaman alat makan yang telah di tata tadi selama 15 menit dengan cairan pembersih khusus yang telah di campur air panas dengan suhu minimal 65°c/lebih.

"lalu, lanjut ke proses water hitter atau penyemprotan dengan air panas minimal 45°c/lebih untuk menghilangkan sisa cairan pembersih yang menempel."

"Selanjutnya, di lanjutkan dengan proses dishwashing dimana peralatan makan tadi di uap dengan mesin menggunakan suhu tinggi minimal 85°c/lebih dengan waktu 45 detik suhu tinggi tersebut untuk memastikan benar- benar tidak ada bakteri yang masih tersisa di alat makan tersebut. Proses yang terakhir adalah piring di polishing atau di keringkan," ujarnya m.

Selain menjaga kebersihan alat makan dan mutu makanan yang di sajikan, Hotel Santika Pekalongan juga menjaga kebersihan dan kesterilan kamar- kamarnya. (*)

Penulis: Indra Dwi Purnomo
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved