Breaking News:

Berita Pendidikan

Politeknik Santo Paulus Surakarta Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Terlebih mengenai penyakit tidak menular. Hal itu menjadi fokus Politeknik Santo Paulus Surakarta untuk menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi

Istimewa
Petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat di Purbayan, Baki, Sukoharjo, kemarin. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pengabdian masyarakat Politeknik Santo Paulus Surakarta. (*ist 

TRIBUNJATENG.COM, SURAKARTA - Kesehatan di masa new normal merupakan hal yang tidak bisa diabaikan begitu saja.

Terlebih mengenai penyakit tidak menular. Hal itu menjadi fokus Politeknik Santo Paulus Surakarta untuk menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat.

Karena itu, Politeknik Santo Paulus Surakarta mengadakan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan secara gratis di Purbayan, Baki, Sukoharjo, kemarin.

Ketua Tim Penyuluhan Kesehatan, Anggraeni Sih Prabandari, menyatakan kesehatan merupakan investasi jangka panjang yang tidak bernilai harganya. Hal itu tidak kalah penting dengan investasi jangka panjang seperti property dan emas.

"Disadari atau tidak, kita butuh sehat saat ini. Itu paling penting. Kesehatan merupakan investasi jangka panjang yang tidak bernilai harganya," kata Anggraeni, dalam keterangannya, Selasa (30/3/2021).

Pada kegiatan tersebut, Politeknik Santo Paulus Surakarta berkolaborasi dengan Bank Sampah Bunga Raya, Purbayan, Baki, Sukoharjo.

Manager Bank Sampah, Nanik Purwati mengatakan kegiatan sebagai wujud kepedulian Bank Sampah atas kesehatan para anggotanya. Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan kesehatan yaitu tekanan darah, kadar gula dan asam urat.

"Selain itu, juga dilakukan penyuluhan kesehatan tentang mengatur konsumsi serat pangan supaya kadar gula, asam urat dan kolesterol juga terjaga stabilitasnya," tambahnya.

Pembicara penyuluhan, Laela Nur Rokhmah, mengatakan serat pangan sangat penting untuk untuk menjaga nilai kolesterol, asam urat dan gula darah pada kondisi normal.

"Pola makan sangat penting menjaga nilai kolesterol, sayuran, kulit buah yang bisa dimakan, dan serealia merupakan sumber serat pangan murah dan mudah didapat," paparnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved