Breaking News:

Kearifan Lokal Terbukti Bisa Tekan Kasus Hukum

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan sebanyak 1.062 polsek di seluruh Indonesia tidak lagi melakukan proses penyidikan.

Editor: Vito
Tribunnews/Jeprima
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menetapkan sebanyak 1.062 polsek di seluruh Indonesia tidak lagi melakukan proses penyidikan.

Hal itu antara lain berlaku di Kabupaten Malinau, di mana sebanyak enam Polsek di wilayah hukum Polres Malinau terdata sebagai bagian dari 1.062 polsek yang menerapkan keputusan tersebut.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kapolres Malinau, AKBP Agus Nugraha membenarkan informasi pemberlakuan SK tersebut. "Benar, di Malinau jumlahnya ada enam Polsek dari total 7 Polsek di wilayah hukum Polres Malinau. Hanya Polsek Malinau Kota yang tidak," paparnya.

Sebanyak enam polsek tersebut yakni Polsek Malinau Utara, Malinau Barat, Malinau Selatan, Mentarang, Pujungan dan Kayan Hulu. Menurut Agus Nugraha, ada sejumlah indikator yang dijadikan pertimbangan dalam menetapkan kebijakan tersebut.

"Ada indikatornya, seperti waktu tempuh dari Polsek ke Polres, akumulasi laporan polisi di wilayah tersebut dalam setahun," terangnya.

Seperti halnya di Polsek Mentarang, Pujungan, dan Kayan Hulu yang notabene berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia, laporan polisi di wilayah tersebut minim dibandingkan wilayah perkotaan.

Menurut Agus Nugraha, hal itu disebabkan nilai kearifan lokal di Kabupaten Malinau. Sehingga, peristiwa kejahatan minim di wilayah tersebut.

Nilai kearifan lokal tersebut, dia menambahkan, berpegang pada prinsip dan petuah leluhur yang mengutamakan sisi kemanusiaan.

"Ada kepastian hukum, keadilan dan kemanfaatan. Sehingga, Polsek-polsek memprioritaskan nilai kekeluargaan, fokus untuk Harkamtibmas," ucapnya.

Polsek di Malinau menempati urutan pertama dari segi jumlah dibandingkan dengan kabupaten lain di Kaltara. Dari 10 Polsek di Kaltara yang terdaftar dalam SK tersebut, enam di antaranya merupakan Polsek di wilayah hukum Polres Malinau.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved