Breaking News:

Berita Semarang

Pakar Tata Ruang Ingatkan Perlunya Perubahan Tata Guna Lahan secara Bijak

Pembangunan infrastruktur harus memperhatikan peruntukan lahan. Sehingga tidak asal membangun karena akan membawa dampak luas.

ISTIMEWA
Pembicara dalam seminar nasional yang digelar HMJ Teknik Sipil Unissula secara daring melalui aplikasi Zoom, Rabu (31/3/2021). 

Penulis: M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil (HMJS) Fakultas Teknik Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang menggelar seminar nasional secara daring melalui aplikasi zoom, Rabu (31/3/2021).

Dalam seminar yang dimoderatori Eko Muliawan Satrio itu mengangkat tema "Kebijakan pemerintah dalam tata guna lahan untuk pembangunan infrastruktur berkelanjutan di Indonesia" itu, menghadirkan tiga narasumber.

Mereka yaitu Plt. Kepala Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang M Irwansyah, Ahli Madya Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah Agus Supriyanto, dan Ketua Ikatan Ahli Perencana (IAP) Jawa Tengah Agung Pangarso.

Ketua Prodi Teknik Sipil Fakultas Teknik Unissula, Muhammad Rusli Ahyar mengatakan, pembangunan infrastruktur juga harus memperhatikan peruntukan lahan. Sehingga tidak asal membangun karena akan membawa dampak luas.

"Dalam membangun suatu bangunan, tidak hanya berpikir jangka pendek saja. Tapi harus dipikirkan bagaimana kelanjutan dari pembangunan tersebut," katanya.

Ia mencontohkan, adanya bencana banjir di pantai utara Jawa yang terjadi beberapa waktu lalu. Menurutnya, bencana tersebut ada hubungannya dengan tata guna lahan.

"Ada lahan yang harusnya untuk penghijauan namun digunakan untuk lainnya sehingga mengganggu ekosistem," ujarnya.

Ketua HMJS Unissula, M Hilmi Arsyadani berharap, seminar nasional tersebut memberikan pemahaman kepada mahasiswa Teknik Sipil maupun lainnya terkait tata guna lahan untuk pembangunan berkelanjutan.

"Kami berharap, peserta bisa memanfaatkan seminar ini dengan menggali wawasan dari para narasumber yang ahli di bidangnya. Sehingga bisa menambah pengetahuan yang berkaitan dengan akademik," harapnya.

Halaman
123
Penulis: m zaenal arifin
Editor: moh anhar
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved