Breaking News:

Berita Pati

Pemkab Pati Jalin Kerjasama Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Muria Kudus

Pemerintah Kabupaten Pati menjalin kerja sama dengan Universitas Muria Kudus (UMK).

Tribun Jateng/Mazka Hauzan Naufal
Bupati Pati Haryanto dan pejabat Sekretariat Daerah Kabupaten Pati berfoto bersama pejabat rektorat Universitas Muria Kudus, Rabu (31/3/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati menjalin kerja sama dengan Universitas Muria Kudus (UMK). Kerja sama ini berkaitan dengan implementasi tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Kesepakatan kerja sama ini ditandai denga penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bupati Pati Haryanto dengan Rektor UMK Darsono di Ruang Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati, Rabu (31/3/2021).

Darsono menyebut, sebagai perguruan tinggi pihaknya memang membutuhkan arena praktik, implementasi, dan pengembangan di sekitar kampus, dalam hal ini di wilayah kerja pemerintah daerah di sekitar kampus UMK.

“Hari ini dengan Pemkab Pati, yang kami tawarkan adalah kerja sama terkait tri dharma perguruan tinggi. Namun, tentu pengembangan kerja sama tidak terbatas itu. Akan berkembang sesuai dinamika kebutuhan di antara kami,” ujar dia.

Darsono mencontohkan, Pemkab Pati juga sudah memaparkan persoalan tertentu, misalnya kemiskinan. Hal itu akan menjadi data bagi pihaknya untuk mempersiapkan instrumen kerja sama khusus.

Sementara, Bupati Pati Haryanto mengatakan, pihaknya selalu bersikap terbuka terhadap kerja sama tri dharma perguruan tinggi.

“Bukan hanya bidang pendidikan, pelatihan, dan pengabdian saja. Ada yang kami tindaklanjuti beberapa kerja sama di luar tri dharma, tergantung kebutuhan. Misal pengembangan UMKM, kemudian di bidang pertanian,” papar Haryanto.

Dia mengatakan, setiap ada perguruan tinggi yang hendak menjalin kerja sama, pihaknya selalu merespons baik. Sebab dia tahu kerja sama tersebut akan membawa manfaat.

“Bagaimanapun juga dari perguruan tinggi banyak ilmu yang bisa dikembangkan di daerah sesuai bidangnya,” tutur dia.

Haryanto mengatakan, program strategis pemerintah daerah seperti penurunan kemiskinan dan pemulihan ekonomi, khususnya di bidang pertanian, juga bisa disinergikan dengan perguruan tinggi. (*)

Penulis: Mazka Hauzan Naufal
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved