Breaking News:

Berita Solo

Polresta Solo Terjunkan Ratusan Personel Amankan Ibadah Paskah

Polresta Solo akan menerjunkan ratusan personel untuk menjamin keamanan dan kenyamanan ibadah Paskah.

Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Muhammad Sholekan
Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak 

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Polresta Solo akan terjunkan ratusan personel mengamankan iibadah Paskah

Penerjunan ratusan personel itu dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan menjalani ibadah umat Kristiani di Kota Bengawan. 

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya sudah bertemu dengan pemuka agama dan pengurus seluruh gereja yang ada di Kota Solo. 

"Rakor ini merupakan upaya persiapan jelang pengamanan rangkaian ibadah paskah. Hari ini sudah mulai ada yang menjalankan rangkaian ibadah paskah," ucapnya, Rabu (31/3/2021). 

Ade menjelaskan, dengan adanya pengamanan itu, pihaknya akan memberikan layanan yang optimal dalam rangkaian pengamanan Paskah

Dalam rakor itu, lanjut Ade, pihak kepolisian juga memberikan beberapa rekomendasi, di mana bila memungkinkan untuk menjalankan prosesi ibadah via daring. 

"Karena saat ini masih pandemi. Atau di mix antara daring dan luring, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. Hal itu sebagaimana yang tertulis dalam surat edaran wali kota dalam PPKM Mikro," ucapnya. 

Ade menambahkan, ada kesepakatan lanjut terkait umat yang akan mengikuti ibadah. Yakni akan dilakukan penggeledahan terhadap barang bawaan mereka. 

"Termasuk kendaraan mereka, baik roda dua maupun roda empat. Kita pastikan semua clear," ungkapnya. 

Selain itu, Ade mengungkap, tim Jihandak milik gegana Polda Jateng dan unit K9 atau anjing pelacak yang memiliki kualifikasi bahan peledak (handak) akan juga diterjunkan. 

Untuk pengamanan, Ade menjelaskan, akan menggunakan sistem 3 ring dan patroli dari Tim Pengurai Kerumunan (TPK) yang akan melakukan mobiling selama ibadah berlangsung. 

"Sudah dibagi menjadi tiga kategori, yaitu prioritas 1, prioritas 2, dan prioritas 3 semua akan tetap kita jaga, yang membedakan jumlah peraonil yang diseting di setiap prioritas," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved