Breaking News:

Berita Wonogiri

Sterilisasi Gereja di Wonogiri, Polisi Libatkan Anjing Pelacak

Polres Wonogiri melakukan antisipasi seusai adanya aksi bom bunuh diri di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar dengan melakukan sterilisasi gereja m

Istimewa
Tim gabungan melakukan sterilisasi gereja menjelang serangkaian perayaan Paskah di wilayah Kabupaten Wonogiri, Kamis (1/4/2021). 

Penulis: Agus Iswadi

TRIBUNJATENG.COM, WONOGIRI - Polres Wonogiri melakukan antisipasi seusai adanya aksi bom bunuh diri di pintu gerbang Gereja Katedral Makassar dengan melakukan sterilisasi gereja menjelang perayaan Paskah, Kamis (1/4/2021).

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing menginstruksikan kepada para personel agar digencarkan patroli gabungan. Di sisi lain kelengkapan alat seperti metal detector dan anjing pelacak dari unit K-9 turut dilibatkan untuk melakukan strerilisasi gereja.

Tempat ibadah umat Nasrani yang disterilisasi oleh tim gabungan Polres Wonogiri, meliputi Gereja Kristen Jawa di Kota Wonogiri yang berlokasi di Lingkungan Sanggrahan dan di Kelurahan Wonokarto.

Kemudian di Gereja Kristen Indonesia (GK) di Jalan Pelem, Gereja Katolik Santo Yohanes Rasul di Jalan Murtipranoto sisi timur laut Kantor Bupati Wonogiri, dan di Gereja Bethel Indonesia Tiberias.

Langkah ini dilaksanakan dalam upaya memberikan jaminan keamanan kepada para umat nasrani yang akan melaksanakan serangkaian kegiatan perayaan Paskah 2021.

"Bersamaan itu, tim juga melakukan upaya sterilisasi pengamanan di sejumlah obyek vital (Obvit) seperti  Stasiun KA, terminal bus, terminal angkudes dan terminal angkot, kantor-kantor perbankan dan pertokoan. Serta pasar sebagai pusat perniagaan masyarakat," katanya dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com.

Lanjutnya, upaya pengamanan dengan melakukan sterilisasi gereja dan objek vital ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan. Utamanya terhadap kemunculan gangguan Kamtibmas dari pihak-pihak yang berkeinginan mengacaukan suasana perayaan Paskah 2021.

Adapun unit-unit satuan yang terlibat dalam tim gabungan pengamanan Paskah, terdiri atas parapersonel Samapta (Timsus Harimau), bersama unit lain. Khusus untuk unit K-9, yang menyertakan anjing pelacak, melibatkan Brigadir Rangga dan Bripda Kurniawan sebagai personel yang berkemampuan pawang anjing pintar, dengan membawa serta anjing Delly, Labrador dan Male.

AKBP Christian Tobing pun turun langsung melakukan pengecekan persiapan perayaan Paskah ke sejumlah tempat ibadah di antaranya Geraja Santo Yohanes Rasul Wonogiri, Gereja Paroki Santo Yusuf di Kecamatan Baturetno, Gereja Santo Ignatius Danan di Kecamatan Giriwoyo, dan Gereja Santo Petrus di Kecamatan Pracimantoro. 

Sejumlah gereja ini memiliki jumlah umat yang banyak. Kapolres Wonogiri dalam kesempatan itu juga memberikan arahan dan melakukan koordinasi dengan pengurus dan pemuda di masing-masing gereja sebagai upaya membangun kebersamaan mewujudkan siatuasi Kamtibmas yang kondusif, aman dan nyaman. 

"Utamanya untuk mengantisipasi terhadap ancaman teror dari pihak yang tak bertanggungjawab," jelasnya.

Penulis: Agus Iswadi
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved