Breaking News:

Berita Banyumas

Bupati Husein Minta Warga Banyumas Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Keluarga Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi keluarga yang pertama kali didata oleh Kader Pendata.

TRIBUNBANYUMAS/Ist.
Kader Pendata dari kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur, saat mendata keluarga Bupati Banyumas, Achmad Husein pada Kamis (1/4/2021). 

TRIBUNBANYUMAS.COM, BANYUMAS - Keluarga Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi keluarga yang pertama kali didata oleh Kader Pendata dari kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas, Kamis (1/4/2021).

Kader pendata ini didampingi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas Suyanto, dan Kabid Pengendalian Penduduk Agustina Hernawati. 

Kepala DPPKBP3A Suyanto mengatakan program pendataan keluarga serentak se-Indonesia dimulai pada hari ini, Kamis 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021. 

Pendataan dilakukan untuk validasi data sebagai dasar bagi pemerintah dalam pelaksanaan kebijakan pemerataan pembangunan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Hari ini pendataan diawali dari Keluarga Bapak Bupati Banyumas, dan ditingkat kecamatan mulai dari camat, kemudian nanti kita data seluruh masyarakat Kabupaten Banyumas," katanya kepada Tribunbanyumas.com.

Suyanto mengajak warga untuk menyiapkan kartu keluarga, kartu keluarga berencana bagi pasangan usia subur yang mengikuti KB dan informasi perubahan data keluarga jika ada.

Usai pendataan, Bupati Banyumas Achmad Husein meminta seluruh warga Kabupaten Banyumas untuk menyukseskan pendataan keluarga ini.

"Ayo masyarakat Banyumas, sukseskan pendataan keluarga 2021. Temui kader pendata yang datang ke rumah anda, beri informasi yang benar, karena pendataan ini sangat penting bagi kita semua," ujar bupati. 

Bupati juga minta agar para Camat, Kades, Ketua RT dan RW ikut membantu, suksesnya program ini.

Kabid Pengendalian Penduduk pada DPPKBP3A Agustina Hernawati mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan sebanyak 3.093 kader pendata, mereka dibawah 331 supervisor yang berada di 331 desa/kelurahan. 

Semua akan melakukan proses pendataan sesuai tugasnya masing-masing. Herna berharap program sukses tepat waktu.

"Sesuai data yang kami terima, di Banyumas itu ada 570.075 keluarga. Pendataan ini, diharapkan juga bisa memotret kondisi stunting, hingga program keluarga berencana," katanya. 

Selain itu Herna juga berpesan kepada petugas pendata agar selalu menerapkan protokol kesehatan saat bertugas.

"Pandemi belum selesai, kita juga harus sama-sama mengingatkan agar tetap menjalankan proses pencegahan Covid-19," tuturnya. (*)

Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved