Breaking News:

Berita Blora

Empat Polsek di Blora Tidak Punya Wewenang Menyidik Kasus

Empat Polsek di Kabupaten Blora tidak diberikan kewenangan melakukan penyidikan kasus.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/ Rifqi Gozali
Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama. 

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Empat Polsek di Kabupaten Blora tidak diberikan kewenangan melakukan penyidikan kasus. Empat Polsek tersebut yakni Polsek Blora Kota, Bogorejo, Jati, dan Kedungtuban.

Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, mengatakan, tidak diberikannya wewenang kepada empat Polsek tersebut merupakan bagian dari program prioritas Kapolri. Meski tidak lagi bisa melakukan penyidikan kasus, namun masih bisa jika harus mengakomodir masalah di tengah masyarakat secara kekeluargaan.

"Mereka tetap bisa mengakomodasi, memberi kesempatan masyarakat ketika ada masalah bisa diselesaikan secara sosial di lapisan bawah. Kekeluargaan dulu, kalau tidak bisa dilimpahkan ke Polres," ujar Wiraga.

Wiraga mengatakan, alasan kenapa empat Polsek tersebut tidak diberi wewenang menyidik kasus, karena ada beberapa hal. Pertama, untuk Polsek Blora Kota, kata dia, letaknya yang berdekatan Polres. Untuk itu, Polsek bisa fokus dalam menjalankan tugas layanan masyarakat.

Sementara untuk tiga Polsek lainnya, kata Wiraga, dari data yang pihaknya himpun minim laporan dan pengaduan masyarakat. Hal itulah kemudian yang mendasari ditariknya wewenang melakukan penyidikan.

Meski tidak lagi punya wewenang menyidik, masyarakat masih bisa mengadu atau melapor. Selain itu, anggota Polsek juga masih punya wewenang untuk melakukan penangkapan.

"Laporan masih bisa ke Polsek, kemudian anggota datang ke lokasi, kemudian interogasi secara singkat, kalau penyelesaian tidak bisa diselesaikan secara kekeluargaan, itu nanti dilimpahkan ke Polres," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved