Breaking News:

Berita Semarang

Hendi Ajak Warga Masyarakat Sukseskan Program Pendataan Keluarga Tahun 2021

Pemerintah Kota Semarang akan melaksanakan program pendataan keluarga pada 1 April-31 Mei 2021.

Istimewa
Petugas Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mendatangi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk Pendataan Keluarga di Kantor Wali Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -  Menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat melalui BKKBN, Pemerintah Kota Semarang akan melaksanakan program pendataan keluarga pada 1 April - 31 Mei 2021. Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi pun menghimbau seluruh warga masyarakat Kota Semarang untuk mensukseskan program tersebut mengingat pentingnya data hasil pendataan keluarga yang nanti diperoleh.

Menurut Hendi, sapaan akrab wali kota, data hasil pendataan bermanfaat untuk pelaksanaan program pembangunan. “Data ini diperlukan oleh Pemerintah untuk melaksanakan program-program pembangunan,” ujarnya. Lebih lanjut Hendi menuturkan data akan diolah menjadi sebuah big data dan digunakan oleh Pemerintah dalam menentukan kebijakan yang akan diambil. “Sehingga kemudian dapat diolah menjadi big data yang nantinya dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun program kebijakan ke depan,” lanjutnya.

Untuk itu Hendi, panggilan akrab Wali kota menghimbau masyarakat untuk menerima kader pendataan keluarga dan memberikan data-data keluarga yang dibutuhkan. “Jadi saya rasa setiap warga yang kedatangan kader pendataan keluarga ini wajib memberikan data yang dibutuhkan dengan sebenar-benarnya, di rumah ada berapa orang, anak ada berapa, aktivitas apa dan seterusnya,” imbuh Hendi.

Adapun sasaran dari program pendataan keluarga 2021 di Kota Semarang yaitu menyasar sebanyak 465 Kepala Keluarga (KK). Dengan total jumlah kader pendata 2.487 orang dan 177 supervisor.

Dengan dimulainya Program Pendataan Keluarga, maka Kader Pendataan Keluarga, istilah untuk petugas yang melakukan pendataan, akan mulai mendata keluarga di Kota Semarang. Sebagai informasi basis data, pendataan keluarga menampilkan informasi basis data by name, by address, dengan 3 (tiga) aspek, yaitu Kependudukan, Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga dan Anggota Keluarga. Dengan demikian diharapkan adanya data yang akurat akan bermanfaat untuk mempermudah pelaksanaan kebijakan pembangunan keluarga. 

Hendi berharap kepada seluruh unsur masyarakat mulai dari camat, lurah dan selurah warga Kota Semarang untuk ikut mensukseskan pelaksanaan pendataan keluarga tahun 2021. “Kepada warga Semarang, mohon disiapkan datanya dengan baik, seperti Kartu Keluarga dan informasi-informasi yang lain. Insya Allah teman-teman kader pendata akan datang mengunjungi panjenengan mulai sekarang sampai dengan 31 Mei 2021. Bismillah Insyaa Allah pendataan sukses,” pungkas Hendi. (*)

Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved