Breaking News:

Berita Tegal

Inflasi Rendah, Ramadan Jadi Momentum Tingkatkan Konsumsi Masyarakat. 

Inflasi yang rendah menjadi indikasi lemahnya daya beli masyarakat. Pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi selama pandemi Covid-19.

Istimewa
Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka Rapat High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tegal, Senin (29/3/2021) lalu di Gedung Dadali Pemkab Tegal.  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Inflasi yang rendah menjadi indikasi lemahnya daya beli masyarakat. Pembatasan aktivitas sosial dan ekonomi selama pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu telah menekan inflasi pada angka 1,69 persen atau terendah sejak tahun 2011.

Sehingga, momentum Ramadan dan Lebaran nanti diharapkan menjadi puncak belanja dan konsumsi masyarakat untuk memicu pertumbuhan ekonomi. 

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Tegal Umi Azizah, saat membuka Rapat High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tegal, Senin (29/3/2021) lalu di Gedung Dadali Pemkab Tegal.

Umi berharap, inflasi pada kelompok bahan pangan jelang Ramadan bisa dijaga pada kisaran 3 hingga 5 persen.

Menurutnya, angka tersebut masih wajar mengingat selama ini sektor pertanian ikut terdampak dari lesunya permintaan dan konsumsi masyarakat. 

“Kita berharap, petani menjadi pelaku usaha yang paling diuntungkan dari meningkatnya konsumsi warga di jelang ramadan dan saat lebaran nanti,” kata Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Jumat (2/4/2021). 

Pihaknya, melalui dinas terkait akan berupaya memperkuat ketahanan pangan dengan mendorong peningkatan produksi melalui intensifikasi dan ektensidikasi pertanian, termasuk pengendalian distribusi pupuk bersubsidi. 

Umi pun mengapresiasi keputusan Pemerintah yang tidak jadi mengimpor beras hingga bulan Juni mendatang. 

Hal tersebut menurutnya sangat membantu penyerapan beras lokal dan mengangkat harga jualnya di tingkat petani.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved