Breaking News:

Berita Kudus

HM Hartopo Minta Duta Genre Kudus Harus Punya Persiapan Matang untuk Hadapi Masalah Remaja

Duta Genre bisa menyuarakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN),

ist
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo dan Istri Mawar Hartopo dikukuhkan menjadi Ayah dan Bunda Duta Genre (Generasi Berencana) bertempat di Hotel @Hom, Jumat (2/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo dan Mawar Hartopo dikukuhkan menjadi ayah dan bunda Duta Genre (Generasi Berencana). Setelah pengukuhan, Hartopo akan memantau perkembangan dan capaian tujuan dari pemilihan Duta Genre ini.

Dia meminta remaja-remaja yang terpilih menjadi Duta Genre harus mempunyai latar belakang yang jelas. Jangan sampai remaja sebagai Duta Genre memiliki latar belakang yang tidak baik. Itu akan menambah masalah di lapangan.

"Untuk adik-adik yang jadi Duta Genre harus ada persiapan-persiapan serius," ucap Hartopo, Jumat, (2/4/2021).

Selain itu, Hartopo menegaskan pengukuhan Duta Genre tidak sebatas seremonial saja. Harus ada progres yang jelas. Karena, kata dia, kalau ada progres apa yang dilakukan Duta Genre memiliki dampak yang banyak. Pasalnya, saat ini banyak permasalahan di lingkup pergaulan remaja.

"Sekarang banyak susupan budaya luar negeri dari Barat free sex dengan pengaruh obat-obatan sampai psikotropika," imbuhnya.

Dia berharap Duta Genre bisa bersinergi untuk mencegah susupan budaya buruk itu. Pasalnya, banyak jadi korban sehingga banyak yang melakukan pernikahan dini.

HM Hartopo Minta Duta Genre Kudus
HM Hartopo Minta Duta Genre Kudus Harus Punya Persiapan Matang untuk Hadapi Masalah Remaja

Kepala Dinas Sosial P3AP2KN Kabupaten Kudus Mundir mengatakan siapa yang terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Kudus bisa melakukan upaya pencegahan melalui penyuluhan dan kampanye.

"Duta Genre bisa menyuarakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), terlebih pernikahan dini," kata Mundir, Jumat, (2/4/2021).

Menurutnya, pemilihan Duta Genre adalah program BKKBN yang bertujuan mengajak generasi muda untuk merencanakan pernikahan dengan baik. Tidak menikah sebelum usia 19 tahun.

Melalui Duta Genre, kata Mundir, penyuluhan tentang merencanakan keluarga bisa tersampaikan kepada remaja. Sehingga mereka tidak melakukan pernikahan dini dan bisa mengelola keluarganya dengan baik.

Sementara itu, Ketua Forum Duta Genre Kudus, Nanang mengatakan Duta Genre tidak hanya menyampaikan isu pernikahan dini saja. Mereka juga menyuarakan isu-isu yang terjadi di remaja, seperti kekerasan seksual dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu, kata dia, siapa yang terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Kudus bisa memberikan penyuluhan dan mengampanyekan upaya pencegahan pernikahan dini, pencegahan kekerasan seksual, dan pencegahan penyalahgunaan obat-obat terlarang. (*) 

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved