Breaking News:

Berita Karanganyar

Jumlah Wisatawan di Karanganyar Layaknya Akhir Pekan Saat Hari Pertama Libur Paskah

Jumlah wisatawan di Candi Cetho dan Lawu Park tidak alami kenaikan signifikan saat hari pertama libur. 

Penulis: Agus Iswadi
Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul Muzaki
Ilustrasi. Pengunjung memberi makan kelinci di area Lawu Park Tawangmangu Karanganyar. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Jumlah wisatawan di Candi Cetho dan Lawu Park tidak mengalami kenaikan signifikan saat hari pertama libur serangkaian perayaan Paskah 2021. 

Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi menyampaikan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Candi Cetho hari ini sekitar 300 orang. 

"Dibanding dengan weekend kondisi pandemi, tidak ada peningkatan signifikan. Hampir sama," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Jumat (2/4/2021). 

Sesuai aturan, operasional Candi Cetho dibatasi mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Begitu juga kapasitas pengunjung dibatasi 50 persen dari kapasitas normal. 

Sementara itu, jalur pendakian justru mengalami peningkatan dibandingkan dengan saat weekend. Dia menuturkan, jumlah pendaki Gunung Lawu melalui jalur Candi Cetho tercatat ada sebanyak 213 orang. 

"Kalau akhir pekan paling sekitar 70-100 orang. Ada peningkatan," ucapnya.

Nardi mengungkapkan, berbeda dengan kondisi cuaca beberapa hari sebelumnya, khusus untuk hari ini terpantau cerah dan berkabut tipis.

"Kemarin itu hujan deras terus. Meski begitu pendaki diminta waspada dan berhati-hati. Cuaca di gunung cepat berubah," jelasnya.

Terpisah, Pengelola Lawu Park, Anggun Nila Monica menuturkan, jumlah pengunjung hari ini tecatat sekitar 1.000 lebih. Jumlah pengunjung hampir sama apabila dibandingkan dengan saat akhir pekan.

"Mungkin puncaknya Minggu, karena ini kan beberapa masih kegiatan ibadah. Selain itu rombongan biasanya banyak datang saat Sabtu dan Minggu," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved