Breaking News:

Berita Kudus

Pernikahan Dini Meningkat 100 Persen, Kadinsos Kudus Harap Duta Genre Aktif Suarakam Pencegahan

Pernikahan dini di Kabupaten Kudus meningkat pesat, ungkap Kepala Dinsos P3AP2KN Kabupaten Kudus Mundi.

TRIBUNJATENG/YUNANSETIAWAN
Kepala Dinsos Kudus Mundir berdiri bersebelahan dengan Plt Bupati Kudus HM Hartopo yang baru dikukuhkan menjadi ayah Duta Genre Kabupaten Kudus dalam acara Grand Finasl Duta Genre Kudus. 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Pernikahan dini di Kabupaten Kudus meningkat pesat. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial P3AP2KN Kabupaten Kudus Mundir. 

Untuk itu, dia berharap siapa yang terpilih menjadi Duta Genre (Generasi Generasi Berencana) Kabupaten Kudus bisa melakukan upaya pencegahan melalui penyuluhan dan kampanye.

"Duta Genre bisa menyuarakan program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bkkbn), terlebih pernikahan dini. Saat ini meningkat 100 persen," kata Mundir, Jumat, (2/4/2021).

Meski menyebut ada peningkatan pesat, Mundir mengaku belum bisa menyebutkan data tersebut. Karena, kata dia, data tersebut ada di Pengadilan Agama.

Melalui Duta Genre, kata Mundir, penyuluhan tentang keluarga bisa tersampaikan kepada remaja. Mereka bisa memiliki rencana dalam keluarga, sehingga keluarganya nantinya bisa dikelola dengan baik.

Sementara itu, Ketua Forum Duta Genre Kudus, Nanang mengatakan Duta Genre tidak hanya menyampaikan isu pernikahan dini saja. Mereka juga menyuarakan isu-isu yang terjadi di remaja, seperti kekerasan seksual dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu, kata dia, siapa yanh terpilih menjadi Duta Genre Kabupaten Kudus bisa memberikan penyuluhan dan mengampanyekan upaya pencegahan pernikahan dini, pencegaham kekerasan seksual, dan pencegahan penyalahgunaan obat-obat terlarang.

Kampanye itu, lanjut Nanang, bisa disampaikan melalui media sosial. (*)

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved