Breaking News:

BERITA JATENG

Dr Aqua Terpesona Pawon Teh Tudung, Janji Kembali dan Menginap

Tempat kuliner dan homestay yang memadukan kekuatan wisata alam dan kuliner tradisi di kawasan Lereng Sumbing, Magelang sangat memikat

ISTIMEWA
Kamar homestay dan tenda di DLengkong. 

TRIBUNJATENG.COM, MAGELANG-Tempat kuliner dan homestay yang memadukan kekuatan wisata alam dan kuliner tradisi di kawasan Lereng Sumbing, Magelang telah memikat Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Tempat kuliner dan homestay itu namanya Pawon Teh Tudung dan DLengkong Homestay. Lokasinya di Desa Genito, Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Berada di ketinggian 700 mdpl.

Baca juga: Pra-Pengabdian, WHPDC FPK UIN Walisongo Gelar Workshop Konseling Gizi secara Daring

Baca juga: Sopir dan Santri Meninggal Kecelakaan Truk Tabrak Madrasah: Lokasinya Tusuk Sate

Baca juga: Kabar Duka, Hidayat Sugiarto (Kwik Liang Hie) Meninggal di Semarang

Baca juga: Berita Duka, Gunawan Tirtorahardjo (Oei Koen Gwan) Meninggal di Semarang

Dr Aqua menikmati suasana Pawon Teh Tudung pada malam hari. Tepatnya Selasa malam (30/3/2021). Saat itu, purnama masih tampak bulat bersinar. Bulan bulat itu terlihat di atas siluet temaram deretan gunung Merapi, Merbabu, Andong dan Telamaya. Dilihat dari limasan, tempat menikmati makanan, bulan itu berada di atas tulisan Pawon Teh Tudung warna oranya yang terbuat dari bambu.

Udara sejuk. Sajian teh tudung dan mie lethek godog yang panas membuat suasana menjadi begitu pas. Berkali-kali Dr Aqua mengatakan masakannya enak dan suasananya pas banget. "Enak sekali ini Mas Erwan. Suasana dan makanannya. Udara sejuk. Pas ini, minumnya teh panas dan makannya bakmi rebus panas. Murah lagi."

Erwan yang dimaksud adalah penulis buku "Produktif Sampai Mati". Nama lengkapnya Erwan Widyarto. Selama Selasa itu seharian dari pagi sampai malam Erwan menemani Aqua yang melakukan berbagai kegiatan di Magelang.

Motivator dan Penulis Buku best seller "Trilogi The Power of Silaturahim" itu mengomentari sajian Teh Tudung dan mie kesukaan Barack Obama yang dinikmatinya di Pawon Teh Tudung.

Teh Tudung adalah sajian teh lokal yang diolah sendiri dari tanaman di kebun atau tegalan warga Genito. Bukan teh pabrikan. Daun teh dipetik dari kebun, kemudian disangrai dengan kuali tanah liat dengan kayu bakar. Lantas disajikan dengan tudung agar panasnya terjaga. Dilengkapi dengan gula merah atau gula aren terpisah.

Poci berisi teh diberi tudung atau selimut. Ini karena udara di lokasi yang berdekatan dengan hutan Perhutani ini cenderung dingin, sejuk, segar. Jika tanpa tudung, teh atau minuman lain yang disajikan akan cepat dingin.

Cara minumnya, teh ditunggu beberapa saat di dalam poci agar warna dan rasa tehnya keluar. Baru kemudian dituang dari poci ke gelas. Kemudian, minum tehnya baru menggigit gula arennya. Atau sebaliknya, gigit dulu gula arennya, baru minum tehnya. Begitu cara minum teh di Windusari yang dilestarikan oleh Pawon Teh Tudung.

Pesan Mie Kesukaan Barack Obama

Sedangkan mie pesanan Dr Aqua itu adalah mie lethek. Mie kesukaan Barack Obama, mantan Presiden Amerika saat berkunjung ke Jogja. Di Magelang, mie lethek hanya ada di @pawontehtudung. Mie lethek ini terbuat dari tepung tapioka (cassava). Di Pawon Teh Tudung diolah dengan rempah yang berlimpah. Sehingga kendati tanpa MSG, mie lethek ini sangat nikmat karena begitu terasa bumbu rempahnya.

Halaman
1234
Penulis: erwin adrian
Editor: erwin adrian
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved