Breaking News:

Berita Pendidikan

Uji Coba PTM di Jateng, Yudi Indras: Jangan Sampai Disiplin Protokol Kesehatan Hanya di Awal Saja

Total ada 140 sekolah di Jateng yang melaksanakan PTM Senin ini. Jumlah itu dari beberapa jenjang pendidikan, SMA, SMK, MA, SMP, dan MTs

TribunJateng.com/Mamdukh Adi Priyanto
Anggota Komisi E DPRD Jateng Fraksi Partai Gerindra, Yudi Indras Wiendarto 

TRIBUNJATENG.COM,SEMARANG - Anggota Komisi E DPRD Jateng Fraksi Partai Gerindra, Yudi Indras Wiendarto memantau hari pertama pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah, Senin (5/4/2021).

Usai memantau sejumlah sekolah, Yudi mengatakan uji coba PTM kali ini bisa berjalan lancar. Ia berharap tidak ada tambahan kasus Covid-19 dari klaster sekolah setelah ini.

Total ada 140 sekolah di Jateng yang melaksanakan PTM Senin ini. Jumlah itu dari beberapa jenjang pendidikan, SMA, SMK, MA, SMP, dan MTs.

"Saya mengkhawatirkan pendidik dan tenaga kependidikannya. Rata-rata usia mereka kan sudah senior (tua). Kalau untuk siswanya, mereka masih muda dan mungkin memiliki imun tubuh lebih kuat," kata Yudi usai melihat pelaksanaan PTM di SMK Negeri 7 Kota Semarang.

Untuk melakukan upaya pencegahan agar tidak terpapar covid saat uji coba PTM, Yudi meminta penerapan protokol kesehatan di sekolah dengan ketat dan disiplin serta berkelanjutan.

Menurutnya, jangan sampai disiplin protokol kesehatan pada awal-awal saja. Lalu, lengah pada pekan selanjutnya sehingga risiko terpapar virus makin tinggi.

"Interaksi antar-siswa dan juga guru juga mesti terjaga. Jangan sampai kejadian di SMK Negeri Jateng pada uji coba PTM tahap pertama dulu terulang. Ratusan siswa terkena Covid-19 dan PTM mesti disetop," jelasnya.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng ini juga berharap vaksinasi kepada guru terus ditingkatkan jumlah sasarannya. Vaksinasi ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama uji coba PTM ini.

Semua orang yang terlibat dalam uji coba PTM ini harus menjadi prioritas vaksinasi. Baik itu pendidik dan tenaga kependidikannya, siswa, maupun orang tua siswa.

Jika vaksinasi sudah mencapai 70 persen dari populasi maka harapanya akan tercipta herd immunity. Hal itu sebagaimana rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Halaman
12
Penulis: mamdukh adi priyanto
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved