Breaking News:

Berita Semarang

Dukung Perkembangan Fashion di Semarang, Dinas Perindustrian Adakan Talk Show dan Fashion Show

Dinas Perindustrian Kota Semarang kembali mendorong pertumbuhan para pelaku usaha fashion.

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Perindustrian Kota Semarang kembali mendorong pertumbuhan para pelaku usaha fashion di Kota Semarang melalui kegiatan Talk Show dan Fashion Show bertajuk Fashion Eksis Dimasa Pandemi, yang berlangsung di Galeri Industri Kreatif (GIK) Semarang, Selasa, (6/4/2021). 

Dalam kegiatan tersebut Dinas Perindustrian Kota Semarang turut menggandeng 24 desainer yang tergabung dalam tujuh komunitas fashion diantaranya seperti komunitas Benik, CMC, Semarang Industri Fashion (SIF), Ipemi, IFC Community, IFC Semarang dan Unnes. 

Ketua Paguyuban Fashion GIK Kota Semarang, Ina Priyono mengatakan sangat menyambut baik adanya pelaksaaan kegiatan ini, ia menilai kegiatan semacam ini merupakan suatu terobosan yang baik bagi perkembangan dunia fashion khususnya di Kota Semarang. 

“Kegiatan ini sangat baik sekali karena merupakan suatu terobosan bagi para penggiat fashion di Kota Semarang, terlebih di tengah kondisi pandemi saat ini,” ujar Ina kepada Tribun Jateng disela-sela kegiatan Talk Show dan Fashion Show, Selasa, (6/4/2021). 

Terkait dengan perkembangan para pelaku usaha fashion di Kota Semarang saat ini, dikatakannya sudah mulai bergeliat kembali. Dimana kini aktivitas maupun penjualan para pelaku usaha fashion sudah mulai bergerak sekira 70 hingga 80 persen. 

“Dimasa pandemi ini, usaha kami agar tetap eksis salah satunya menggencarkan penjualan secara online, baik melalui marketplace seperti Shopee dan Zalora. Kemudian para desainer juga mulai memiliki website masing-masing untuk pemasaran, sehingga dengan begitu dapat meningkatkan penjualan mereka. Adapun untuk pemasaran kami juga memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan Facebook,” lanjutnya. 

Sementara itu, terkait dengan penjualan secara offline dituturkannya memang sudah mulai berjalan kembali, hanya saja kondisinya belum meningkat secara signifikan dikarenakan masih adanya kondisi pandemi. 

Ia pun berharap melalui kegiatan semacam ini, aktivitas dan penjualan para pelaku usaha fashion di Kota Semarang dapat pulih seperti sedia kala. Dalam hal ini, Ina mengatakan selalu mendorong para pelaku usaha fashion untuk selalu produktif dan inovatif. 

Sementara itu, Kepala Seksi Industri Tekstil Dinas Perindustrian Kota Semarang, Jannatul Husna mengatakan kegiatan Talk Show dan Fashion Show ini diadakan dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari jadi Kota Semarang, disamping itu juga untuk terus mendorong agar pelaku usaha fashion dapat eksis kembali.

“Rencananya nanti setelah Lebaran kami juga akan kembali mengadakan workshop bagi para pelaku usaha fashion yang terkait dengan Brand DNA, supaya masing-masing pelaku industri fashion ini memiliki ciri khas dan keunggulan dari setiap produknya,” ucap Husna. 

Kedepannya, Husna mengatakan Dinas Perindustrian Kota Semarang akan terus mengadakan kegiatan serupa dengan tema yang berbeda.

Sementara itu, dengan adanya berbagai kegiatan yang diadakan Dinas Perindustrian Kota Semarang, dikatakan Husna mendapatkan apresiasi yang baik dari pelaku usaha fashion, dimana mereka terus berinovasi untuk mengembangkan produk dengan tetap mengikuti perkembangan tren fashion yang terkini. (*) 

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE :

Penulis: Ruth Novita Lusiani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved