Breaking News:

Berita Sragen

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Kabupaten Sragen Peringkat Ketujuh se-Indonesia

Pemkab Sragen mendapatkan nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) peringkat ketujuh.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Plakat Sragen di Alun-alun Sasono Langen Putro Sragen. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen mendapatkan nilai indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) peringkat ketujuh se-Indonesia.

Dengan perolehan nilai 3,35, Kabupaten Sragen tertinggi kedua se-Jawa Tengah setelah Kabupaten Kebumen.

Pelaksanakan evaluasi SPBE tahun 2020 dilakukan KemenpanRB di Kabupaten Sragen telah dilaksanakan sejak tahun 2018, 2019, dan 2020.

Evaluasi tersebut bertujuan untuk mengetahui capaian kemajuan pelaksanaan SPBE di Pemerintah Daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen, Yuniarti bersyukur karena indeks SPBE Pemkab Sragen mampu melampaui target bahkan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun 2020 sebenarnya target indeks SPBE sebesar 3,20, tapi Alhamdulillah kita bisa melebihi target mencapai 3,35."

"Bahkan mampu menjadi 10 Kabupaten/Kota terbaik se-Indonesia," kata Yuniarti ketika ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya.

Sebelumnya pada tahun 2018 dan 2019 indeks SPBE Kabupaten Sragen hanya 2,75. Hal itulah yang mendorong Pemkab Sragen untuk terus komitmen meningkatkan terobosan penyelenggaraan pemerintahan.

Terobosan tersebut tentu memanfaatkan teknologi informasi, dan komunikasi untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel. Serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Tidak hanya itu, nilai indeks SPBE dianggap sebuah pencapaian dan kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen dalam mewujudkan SPBE.

"Dengan adanya evaluasi ini juga dapat memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan dan menjamin kualitas pelaksanaan SPBE pada instansi pusat dan Pemerintah Daerah," lanjut Yuniarti.

Yuniarti berharap hasil evaluasi SPBE tahun 2021 nanti terus meningkat. Sehingga menghasilkan layanan SPBE yang berkualitas, terintegrasi dan berkesinambungan.

Selain itu juga akan bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan instansi pemerintah. (*)

Penulis: Mahfira Putri Maulani
Editor: sujarwo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved