Breaking News:

Unnes

Unnes SiapkanTes UTBK SBMPTN 2021

Universitas Negeri Semarang (Unnes) sudah siap melaksanakan tes untuk Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Istimewa
Kampus Unnes 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) sudah siap melaksanakan tes untuk Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang akan dimulai minggu depan.

Kepala UPT Humas Unnes, Muhammad Burhanudin mengatakan, Unnes telah menyiapkan tiga lokasi untuk pelaksanaan UTBK yaitu di Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Profesi (LP3), dan Perpustakaan Lama.

"Kami siapkan tiga lokasi untuk pelaksanaan ujian. Ujian terbagi dalam 26 sesi dan setiap sesinya kami menyediakan 490 komputer," kata Burhanudin, Selasa (6/4/2021).

Ia mengungkapkan, ada 11.718 peserta yang nantinya akan mengikuti UTBK SBMPTN di Unnes. Peserta berasal dari semua kelompok ujian. Setiap peserta nantinya mengikuti satu sesi ujian.

Selain itu, sesuai jadwal dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pelaksanaan UTBK dibagi menjadi dua gelombang. Yakni gelombang 1 pada 12-18 April 2021. Sedangkan gelombang 2 akan diadakan mulai 26-30 April 2021 serta 1-2 Mei 2021.

Burhanudin meminta kepada para peserta untuk memperhatikan beberapa hal penting saat mengikuti UTBK. Yaitu setiap peserta wajib mencetak ulang kartu tanda peserta melalui http://portal.ltmpt.ac.id pada menu pendaftaran UTBK-SBMPTN.

Untuk mengetahui lokasi atau ruang ujian, peserta diminta mengecek pusat UTBK Unnes melalui laman https://utbk.unnes.ac.id/lokasi/.

"Kami mengimbau kepada peserta dari luar kota Semarang untuk membawa surat keterangan uji tes PCR atau Rapid Test Covid-19 dengan hasil negatif," imbaunya.

Selain itu, lanjutnya, peserta juga diharuskan membawa perlengkapan UTBK, meliputi kartu peserta, surat tanda kelulusan/ijazah, kartu identitas, KTP/SIM/Kartu Pelajar.

"Peserta selalu mengenakan masker dan membawa masker cadangan, membawa hand sanitizer, tisu basah dan alat tulis," tambahnya.

Ia juga menganjurkan kepada para peserta UTBK SBMPTN Unnes untuk membawa face shield, sarung tangan, minuman menggunakan tumblr, dan peralatan ibadah sendiri.

Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT, Budi Prasetyo, mengatakan bahea pendaftaran UTBK-SBMPTN telah ditutup Jumat (2/4/2021), pukul 15.00 WIB kemarin.

Hingga penutupan, total peserta UTBK-SBMPTN 2021 mencapai 775.810 orang. Selain Unnes, Universitas Diponegoro (Undip) juga menjadi pusat UTBK di Semarang.

"Hasil penghitungan bersih pasca-penutupan pendaftaran menunjukkan jumlah peserta UTBK-SBMPTN 2021 mencapai 776.519 orang," katanya.

Jumlah tersebut mencakup tiga kelompok ujian, masing-masing 336.834 peserta sains dan teknologi, 378.556 sosial humaniora dan 62.468 peserta campuran.

Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved