Breaking News:

Berita Pendidikan

Dosen FTIK USM Diajari Fotografi dan Penulisan Berita untuk Publikasi Kegiatan

Workshop yang dibuka oleh Dekan FTIK USM, Susanto, ini dibagi menjadi dua kelompok dengan narasumber dosen ilmu komunikasi USM

Istimewa
Para dosen FTIK USM mengikuti workshop fotografi dan penulisan berita di gedung FTIK USM, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 35 dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) mengikuti workshop fotografi dan penulisan berita untuk publikasi kegiatan di gedung FTIK USM, Kamis (8/4/2021).

Workshop yang dibuka oleh Dekan FTIK USM, Susanto, ini dibagi menjadi dua kelompok dengan narasumber dosen ilmu komunikasi USM yaitu Firdaus Azwar dan Edi Nurwahyu.

Dalam sambutannya, Susanto mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk membantu publikasi kegiatan dosen seperti pengabdian masyarakat, penelitian dan lain-lain.

"Selama ini kegiatan dosen di lingkungan FTIK USM sangat banyak baik kegiatan yang terkait pengabdian kepada masyarakat, penelitian, workshop dan lain-lain sehingga perlu dipublikasikan secara online," kata Susanto.

Ia mengungkapkan, dosen sering melakukan publikasi ilmiah. Hanya saja, menurutnya, di era sekarang dosen tidak cukup dengan publikasi ilmiah saja namun juga harus bisa publikasi kegiatan guna menambah soft skill.

Sementara narasumber Firdaus Azwar menyampaikan materi terkait fotografi jurnalistik. Dalam pelatihannya, Firdaus meminta para peserta untuk praktek menggunakan smartphone masing-masing.

"Foto jurnalistik tak hanya sekedar foto biasa yang menyampaikan informasi, akan tetapi harus memiliki daya estetika. Kenapa demikian? karena dengan daya estetika fungsinya adalah untuk menarik perhatian pembaca," paparnya.

Selain foto jurnalistik, para dosen juga dibekali dalam teknis penulisan berita online dengan konsep dasar 5W+1H. Hal itu dimaksudkan guna melatih dosen dalam keterampilan dalam publikasi kegiatan.

Para dosen diberikan tips bagaimana cara penulisan judul dan pengambilan angel foto yang baik agar bisa menarik perhatian pembaca sehingga tujuan dari publikasi tercapai. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved