Breaking News:

Berita Semarang

Dosen USM Berikan Pelatihan Pemanfaatan Google Translate pada Guru SDIT Al Mawaddah

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mata Kuliah Umum Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan terjemahan bagi guru di SD IT Al Mawaddah di ja

Istimewa
Dosen USM memberikan pelatihan pemanfaatan google translate pada guru SDIT Al Mawaddah, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mata Kuliah Umum Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan terjemahan bagi guru di SD IT Al Mawaddah di jalan Dempel Baru Raya Nomor 17, Muktiharjo Kidul, Kecamatan Pedurungan.

Tim PKM terdiri dari Hetty Catur Ellyawati sebagai ketua tim, sementara anggota terdiri Stefani Dewi Rosaria dan Yessy Aprilia Waluyo. Tim PKM memberikan pelatihan kepada para guru dalam menggunakan Google Translate.

Hetty Catur Ellyawati mengatakan, kegiatan ini diikuti 30 orang guru dari berbagai jenjang kelas di SD IT Al Mawaddah dan berusaha mengoptimalkan keberadaan teknologi untuk mendukung kegiatan guru.

"Kami berusaha mengoptimalkan  keberadaan teknologi untuk mendukung kegiatan para guru terutama dalam hal belajar mengajar," ungkap Catur, dalam keterangannya, Kamis (8/4/2021).

Dikatakannya, tidak semua guru perlu menerjemahkan Bahasa Inggris, tetapi ia meyakini pasti guru akan memerlukannya ketika ada kebutuhan menulis dalam bahasa tersebut untuk urusan sekolah maupun pribadi.

"Karena ada beberapa guru yang ternyata suka menulis cerpen maupun novel, maka google translate bisa menjadi pilihan untuk membantu guru tersebut dalam hal alih Bahasa," ujar Dosen Bahasa Inggris Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM itu.

Hetty menambahkan hasil terjemahan menggunakan google translate membutuhkan proses editing, tapi selama kemampuan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris cukup bagus, maka fitur google translate bisa menjadi pilihan dalam membantu alih bahasa.

"Kami senang dengan respon dari para guru karena mengikuti kegiatan dengan antusias," ucapnya.

Kepala SD IT Al Mawaddah, Muhammad Irwan Susilo, menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen USM tersebut.

"Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk para guru dalam mengembangkan pembelajaran," katanya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved