Breaking News:

Berita Blora

Kemenag Blora Persilakan Warga Gelar Tarawih Berjemaah, Buka Bersama hingga Nuzulul Quran

Umat Islam di Kabupaten Blora diperbolehkan menjalankan tarawih secara berjemaah di masjid atau musala selama Bulan Ramadan. Selain itu, kegiatan buka

Tribunjateng.com/Reza Gustav Pradana
Ilustrasi Suasana Salat Tarawih di MAJT. 

Penulis: Rifqi Gozali

TRIBUNJATENG.COM, BLORA - Umat Islam di Kabupaten Blora diperbolehkan menjalankan tarawih secara berjemaah di masjid atau musala selama Bulan Ramadan. Selain itu, kegiatan buka bersama juga diperbolehkan.

"Asal tetap menjalankan protokol kesehatan," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Blora, Suhadi, kepada Tribunjateng.com, Rabu (7/4/2021).

Suhadi menjelaskan, ketentuan panduan ibadah di bulan Ramadan termaktub dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2021.

Dalam surat tersebut, kata Suhadi, selain ibadah Ramadan juga mencantumkan ketentuan panduan salat Idulfitri 1442 hijriah.

Di antara poin-poin yang diatur di dalamnya, ujarnya, yakni perihal buka bersama terdapat panduan yang harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran 50 persen dari kapasitas ruang dan menghindari kerumunan.

Kemudian, untuk salat lima waktu maupun salat tarawih, kata Suhadi, sama.

Yakni menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan 50 persen dari kapasitas masjid atau musala.

Sementara untuk pengajian atau ceramah Ramadan paling lama durasinya yakni 15 persen.

Begitu juga dengan penyelenggaraan nuzululquran tetap memerhatikan protokol juga pembatasan maksimal 50 persen dari kapasitas tempat.

Kemudian untuk salat Idulfitri, dapat dilaksanakan di lapangan terbuka atau masjid tetap harus ketat protokol.

Kecuali kalau memang terdapat peningkatan kasus Covid-19 berdasarkan pengumuman dari tim Gugus Tugas Covid-19 di daerah maka salat id berjemaah di lapangan terbuka atau masjid tidak dapat dilaksanakan.

Terkait adanya surat edaran tersebut, lanjut Suhadi, besok pihaknya baru akan menggelar rapat koordinasi dengan pemerintah kabupaten.(*)

Penulis: Rifqi Gozali
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved