Breaking News:

Visit Jateng

Gubernur Ganjar Luncurkan Calender of Event Jawa Tengah 2021

Calender of event atau kalender agenda wisata dan budaya 2021 Provinsi Jawa Tengah diluncurkan Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (7/4/2021).

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: Catur waskito Edy
Istimewa
Pembukaan Popda Jateng 2020 dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Hotel Patrajasa Semarang, Rabu (7/4). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Calender of event atau kalender agenda wisata dan budaya 2021 Provinsi Jawa Tengah diluncurkan Gubernur Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu (7/4/2021).

Sektor pariwisata, terutama penyelenggaraan event, merupakan satu dari beberapa sektor yang terdampak pandemi. Meskipun demikian, ragam kegiatan sepanjang 2021 ini diharapkan mampu membangkitkan pariwisata Jateng dan meningkatkan perekenomian.

Ganjar menyatakan peluncuran calender of event (CoE) ini menjadi titik awal untuk membangkitkan sektor pariwisata. Namun demikian, kata dia, penyelenggaraan event wisata dan budaya ini tidak akan sama seperti halnya sebelum pandemi.

"Apakah sama seperti sebelum pandemi? Jawabannya tidak. Cara- cara harus menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada. Hasilnya tidak maksimal tapi itu ikhtiar yang bisa kita lakukan. Kreasi ini lah yang membuat kita akan eksis dan menginspirasi banyak pihak," kata Ganjar.

Pihaknya berupaya calender of event tetap berjalan sesuai dengan waktu yang ada. Kemungkinan, event diselenggarakan secara hybrid. Artinya, events diselenggarakan secara virtual. Sedangkan peserta yang terlibat dalam event harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Saat pandemi agak sedikit berbeda. Hybrid merupakan solusi terbaik. Mungkin tidak maksimal, tapi itu lah yang paling optimal," ujarnya.

Kebangkitan Pariwisata

Sementara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Diporapar) Provinsi Jateng, Sinoeng N Rachmadi menyatakan, peluncuran calender event Jawa Tengah ini menunjukkan semangat serta kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Jawa Tengah.

"Selain itu, penyelenggaraan event wisata Jawa Tengah tentunya akan berbeda dari kebiasaan sebelumnya. Yakni harus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment)," katanya.

Tahun ini, kata dia, sebanyak tujuh event Jawa Tengah yang diusulkan berhasil lolos ke tahap kurasi kedua untuk masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved