Breaking News:

Berita Banjarnegara

Kisah Sukses Eko Peternak Ikan Koi di Banjarnegara: Bisa Laku Rp 15 Juta per Ekor

Di tengah perkampungan Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Eko Sugito membangun kolam Ikan Koi

Penulis: khoirul muzaki
Editor: galih permadi
TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI
Eko Sugito membangun kolam Ikan Koi dengan instalasi yang memadai. 

TRIBUNJATENG. COM, BANJARNEGARA - Di tengah perkampungan Desa Gumiwang Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Eko Sugito membangun kolam Ikan Koi dengan instalasi yang memadai. 

Ratusan Ikan Koi dipelihara di kolam yang telah disekat atau dipisah berdasarkan usia maupun kualitasnya. 

Ikan Koi dengan warna beragam dan corak cantik bergeliat lincah di air yang selalu terjaga kejernihannya. Ia melengkapi kolamnya dengan pompa aerator agar kualitas air selalu terjaga. 

Bagi Eko, budidaya Ikan Koi bukan hanya fokus pada perawatan ikannya. Kualitas air yang menjadi habitat ikan sama pentingnya untuk dijaga. 

"Kalau memelihara Koi itu merawat airnya juga," katanya, Jumat (9/4/2021) 

Benar saja, kualitas air yang terjaga membuat ikan nyaman hingga mendukung pertumbuhannya. Terlebih, tidak seperti ikan konsumsi, ikan hias ini yang dinikmati keindahannya sehingga kualitas air mesti terawat. 

Tetapi Eko memelihara Koin bukan lagi sekadar hobi. Kolam Koi di tengah pemukiman miliknya tak ubahnya tambang emas yang telah melahirkan banyak rupiah baginya. 

 
Bagaimana tidak, ia pernah menjual Ikan Koi seharga Rp 15 juta perekor dengan ukuran antara 45-50 cm. Tentu saja ikan seharga sepeda motor itu jenis Ikan Koi berkualitas super. Baik corak maupun warnanya sangat menarik.  

Untuk menemukan ikan dengan kualitas seperti itu pun tidak mudah. Dari ribuan benih Ikan Koi yang ada, mungkin hanya dijumpai beberapa ekor saja yang bernilai lebih usai disortir. 

Mahal murahnya Koi rupanya bukan ditentukan dari ukurannya, namun keunikan dan keindahan baik dari segi warna maupun corak pada tubuh Koi. 

"Ukuran kecil bisa lebih mahal dari yang besar. Tergantung warna dan coraknya bagus atau tidak, " katanya

Nyatanya lebih banyak Ikan Koi milik Eko yang dijual dengan harga terjangkau. Ia menjual Koi dengan harga bervariatif mulai Rp 1000 untuk ukuran 5-10 cm, Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu untuk ukuran 5-10 cm, hingga jutaan rupiah untuk ukuran kisaran 50 cm. 

Keberhasilan Eko berbisnis Koi tentunya bukan diraih secara instan. Eko mulanya hanya buruh yang bekerja merawat Koi milik warga. Beruntung ia dikasih beberapa indukan Koi dari pemilik kolam.

Ia tak menyiakan kesempatan itu. Terlebih Eko sedikit banyak telah mempelajari usaha tersebut. Dari beberapa indukan Koi itu, ia mencoba mengembangbiakkannya.

Semakin lama koleksi Koi Eko terus bertambah. Ia pun mengembangkan usaha pemijahan. Tak dinyana, usahanya terus berkembang hingga sekarang. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved