Breaking News:

Prakiraan Cuaca

8 Wilayah di Jateng Hujan Lebat Disertai Petir, Begini Prakiraan Cuaca BMKG Sabtu 10 April 2021

Berikut prakiraan cuaca dan peringatan dini di Jawa Tengah hari ini, Sabtu (10/4/2021), dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Tribun Jateng/Reza Gustav Pradana
Langit tampak cerah berawan di wilayah Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (4/6/2020) sore. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV) 

TRIBUNJATENG.COM​ -​ Berikut prakiraan cuaca dan peringatan dini di Jawa Tengah hari ini, Sabtu (10/4/2021), dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dari keterangan Forecaster BMKG Arif N, ada potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang yang terjadi di daerah pegunungan dan Jateng bagian selatan antara siang/sore-malam hari.

Sedangkan pada umumnya berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang yang tersebar merata di seluruh wilayah Jateng dengan waktu kejadian yang bervariasi.

Masyarakat diminta untuk waspada terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini dalam laman resminya bahwa terdapat potensi hujan hingga lebat di wilayah tertentu.

"Potensi hujan sedang - lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pegunungan, sebagian Jateng barat dan sebagian pesisir selatan antara siang/sore - malam hari," tulis BMKG.

Dalam laman resmi tersebut juga diperlihatkan bahwa hampir semua wilayah di Jateng berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang pada siang dan malam.​

Terdapat delapan wilayah yang diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir pada malam hari, yakni Banjarnegara, Cilacap, Magelang, Mungkid, Purbalingga, Purwokerto, Temanggung dan Wonosobo.

Suhu udara mencapai 21-32 derajat Celcius.

Kelembapan udara di seluruh wilayah berkisar antara 65 hingga 95 persen.

BMKG mengimbau bahwa masyarakat perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, bahkan fenomena hujan es. (tribunjateng/rez)

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved