Breaking News:

Berita Semarang

Kewalahan Penuhi Permintaan Jadi MC, Ki Setyadji Bentuk Swagotra Budaya

Di tengah perkembangan zaman peminat masyarakat untuk menjadi MC bahasa Jawa masih terhitung tinggi.  Tak  ayal penyedia kursus atau pelatihan MC bah

Istimewa
Yayasan Swagotra Budaya Jawa Tengah penyedia pendidikan Kursus Medharsabda-Pranatacara melaksanakan kegiatan wisuda angkatan ke 47 di Kantor Sekretariat Jalan Singa III, Kalicari, Pedurungan, Kota Semarang, Jumat (9/4/2021) malam. 

Penulis : Iwan Arifianto 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Di tengah perkembangan zaman peminat masyarakat untuk menjadi MC bahasa Jawa masih terhitung tinggi. 

Tak  ayal penyedia kursus atau pelatihan MC bahasa Jawa kian diminati. 

Di antaranya Yayasan Swagotra Budaya Jawa Tengah menyediakan pendidikan Kursus Medharsabda-Pranatacara.

Ternyata, Lembaga tersebut dibentuk lantaran pendirinya kewalahan dalam memenuhi orderan masyarakat untuk menjadi MC bahasa Jawa. 

"Yayasan Swagotra dibentuk lantaran pendirinya sempat sakit akibat kewalahan  penuhi  permintaan menjadi MC sehingga tercetus untuk membentuk lembaga tersebut," jelas Ketua Ketua Yayasan Swagotra Budaya Jawa Tengah Setyaji Hartata 

Dia menjelaskan, sejarah singkat berdirinya Yayasan Swagotra Budaya Jawa Tengah. 

Berdirinya Swagotra Budaya tak bisa lepas dari perjalanan hidup Sang Pendiri, yakni Drs. RM Setyadji Pantjawidjaja yang  lahir di Klaten 12 Agustus 1939 dari orangtua RM. Sarwadi Probowidjojo dan RNgt. Soeparti.

Dari kedua orangtuanya inilah nilai-nilai budaya Jawa tumbuh sejak masa kecil. Di masa remaja, selain menempuh pendidikan formal sekolah guru, juga mengenyam pendidikan kursus pedhalangan Mangkunegaran dan speed-writing di Sala.

Semasa menjadi mahasiswa di IKIP Negeri Semarang makin aktif di kesenian kethoprak, panembrama dan lainnya. 

Halaman
123
Penulis: iwan Arifianto
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved