Breaking News:

Bupati dan Wabup Purbalingga Bersama Alim Ulama Ziarah Makam Leluhur

Bupati Purbalingga didampingi suami, Wakil Bupati beserta para alim ulama Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Purbalingga.

Istimewa
Bupati Purbalingga beserta para alim ulama Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Purbalingga melakukan ziarah ke makam leluhur, Jumat (9/4/2021). 

Penulis: Permata Putra Sejati 

TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA - Bupati Purbalingga didampingi suami, Wakil Bupati beserta para alim ulama Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Purbalingga melakukan ziarah ke makam leluhur, Jumat (9/4/2021). 

Ziarah ini merupakan rangkaian tradisi masyarakat yang disebut Nyadran yang biasanya dilakukan pada bulan Sya'ban pada kalender Hijriyah. 

"Sebagaimana tradisi masyarakat, kita Nyadran. 

Mendoakan leluhur yang sudah mendahului kita," ujar Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi kepada TribunJATENG.com, sebagaimana dalam rilis, Minggu (11/4/2021). 

Ziarah ini juga bagian dari ibadah sunnah seorang muslim. 

Menurutnya, ziarah akan senantiasa mengingatkan diri akan kematian.

Sehingga muncul keinginan introspeksi diri menjadi manusia yang lebih baik demi mempersiapkan diri sebelum kematian kelak. 

"Disamping itu kami juga berdoa agar Purbalingga senantiasa diberikan keselamatan, kekuatan, dijauhkan dari bencana, dan covid segera hilang," katanya. 

Kegiatan Nyadran ini rencanannya akan menjadi kegiatan rutin pemerintah setiap menjelang bulan suci Ramadhan. 

Halaman
12
Penulis: Permata Putra Sejati
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved