Breaking News:

Berita Pendidikan

Kenalkan Cyber Counseling, Mahasiswa BPI UIN Walisongo Semarang Juara 1 BK Competition

Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) UIN Walisongo Semarang memperkenalkan cyber counseling melalui prestasi dengan mengikuti perlombaan BK

Istimewa
Mahasiswa BPI UIN Walisongo Semarang mengikuti pengumuman BP Competition secara virtual, kemarin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) UIN Walisongo Semarang memperkenalkan cyber counseling melalui prestasi dengan mengikuti perlombaan BK Competition yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) BK Universitas Adibuana Surabaya.

Dengan berbekal semangat, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok I-CON, terdiri dari Siti Nuraisyah, Anis Sapitri, Rahma Safira dan Fiyantika Nurrochmah, berhasil menyabet juara 1 kategori lomba video pendek dengan sub tema cyber counseling yang diumumkan melalui zoom meeting, Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Ketua kelompok, Siti Nuraisyah mengatakan, bahwa perlombaan tersebut bukan hanya sebatas kompetisi saja, namun yang paling penting jika mengikuti perlombaan adalah bisa mengedukasi dan memberikan manfaat kepada banyak orang.

"Tujuan awal dari mengikuti perlombaan ini adalah karena kita ingin belajar dan mengenalkan cyber counseling di mana layanan tersebut belum diketahui oleh banyak orang. Padahal cyber counseling memiliki banyak manfaat terutama di masa pandemi," kata Aisyah, sapaanya, dalam keterangannya, Minggu (11/4/2021).

Dikatakannya, cyber counseling merupakan layanan konseling online dengan memanfaatkan berbagai media seperti gadget atau laptop dan aplikasi seperti website, zoom, google meet dan aplikasi lainnya.

Selain itu, Aisyah mengaku jika dalam mengikuti perlombaan ini membutuhkan tim yang solid dan bimbingan dari para dosen untuk memberikan masukan.

"Tidak ada tips khusus untuk menjadi juara, karena yang paling penting adalah tim yang solid serta dukungan para dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang sangat berperan penting dalam kemenangan ini," ujarnya.

Aisyah berharap, ke depannya  kelompok I-CON memberikan manfaat dan edukasi melalui perlombaan lainnya. Sehingga selain memberikan edukasi, I-CON yang merupakan tim dari Bimbingan dan Penyuluhan Islam mampu mengenalkan kepada banyak orang jika jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang berada di UIN Walisongo Semarang tidak kalah dengan jurusan di kampus lainnya.

"Saya berharap kelompok I-CON mampu memberikan prestasi lebih banyak lagi guna mengedukasi dan memberikan informasi terkait Bimbingan Konseling ataupun Bimbingan Penyuluhan Islam," harapnya.

Dosen pembimbing lomba yang juga ketua Lembaga Bimbingan Konseling Islam (LBKI) UIN Walisongo, Ulin Nihayah menyampaikan bahwa lomba video BK ini termasuk usaha untuk mempromosikan LBKI.

"Untuk ke depannya nanti video pendek yang merupakan representasi pelayanan cyber counseling juga akan kami terapkan di LBKI UIN Walisongo Semarang sebagai bentuk layanan yang dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dikarenakan mudah di akses oleh semua orang," tutupnya. (Nal)

Penulis: m zaenal arifin
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved