Breaking News:

Dosen STIE Bank BPD Jateng Gelar Pelatihan Manajemen Usaha di Kelurahan Binaan Eco Green

Tim dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng kembali melakukan pelatihan manajemen di kampung wisata eco green Kelurahan Purwosari.

Istimewa
Dosen STIE Bank BPD Jateng memberikan materi dalam pelatihan manajemen di kampung wisata eco green Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara, kemarin.  

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Tim dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bank BPD Jateng kembali melakukan pelatihan manajemen di kampung wisata eco green Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara, kemarin.

Pelatihan manajemen yang diselenggarakan dalam rangka pengabdian masyarakat tersebut dilakukan oleh Rahmi Yuliana, Aprillia Elly Kusumastuti, Ali Mursid, Dwi Suryanto Hidayat, dan Asri Nur Wahyuni.

Dalam pelatihan kali ini, mengangkat tema Manajemen Profesional untuk keberlangsungan usaha yang dilakukan di tempat jualan Wedangan GangZepi.

Ketua tim pengabdian masyarakat, Aprillia Elly Kusumastuti mengatakan, kampung wisata eco green yang tepatnya berada di wilayah RT 3 RW 6, Kelurahan Purwosari, merupakan kelurahan binaan STIE Bank BPD Jateng yang dicanangkan sejak Agustus 2020.

"Selain peletakan dasar kampung eco green didirikan juga angkringan yang bernama Wedangan GangZepi sebagai kegiatan pemberdayaan ekonomi warga," katanya, dalam keterangannya pada Tribun Jateng, Minggu (11/4/2021).

Dikatakannya, Wedangan GangZepi atau lebih dikenal WGZ, saat ini sudah mulai dikenal terutama di kota Semarang dengan melihat animo pembeli yang datang dari luar Kecamatan Semarang Utara.

WGZ sebagai usaha warga sudah berjalan selama tujuh bulan, namun belum dikelola secara profesional atau masih dilakukan secara konvensional sehingga perlu diberikan bekal manajemen profesional untuk keberlangsungan dan pengembangan usaha tersebut.

"Sebagai pendatang baru usaha angkringan di Semarang, WGZ cukup prospektif untuk dikembangkan menjadi usaha warga karena letaknya yang cukup strategis dan menjual lingkungan yang asri selain harga yang terjangkau," ujarnya.

Fasilitas WGZ dilengkapi dengan TV yang bisa digunakan untuk nonton bola bersama dan bernyanyi dilengkapi dengan meja kursi atau pun lesehan dengan suasana malam di gang yang cukup indah.

"Pelatihan manajemen usaha di WGZ mengangkat lima sub tema yakni motivasi wirausaha, pemasaran kampung wisata, usaha angkringan, hubungan dengan pelanggan dan aplikasi digital untuk manajemen keuangan," paparnya.

Halaman
12
Penulis: m zaenal arifin
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved