Breaking News:

Harga Pangan Naik jelang Ramadan, Kementan: Sudah Wajar

Kementan menilai kenaikan harga pangan menjelang Ramadan merupakan hal yang wajar, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat.

TRIBUN JATENG/RUTH NOVITA LUSIANI
Situasi salah satu kios daging ayam di Pasar Peterongan, Semarang, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai kenaikan harga pangan menjelang Ramadan merupakan hal yang wajar, seiring dengan tingginya permintaan masyarakat.

"Kami selalu melihat bahwa koefisien varian di bawah 15 persen, bagi kami itu adalah wajar," ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi, dalam acara Ketersediaan Pangan Jelang Ramadan dan Lebaran, secara virtual, Senin (12/4).

Menurut dia, beberapa komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga pada saat ini yaitu daging ayam menjadi sekitar Rp 35 ribu/kg dan telur ayam menjadi Rp 24 ribu/kg.

"Tapi kenaikan ini hanya 1-2 hari menjelang puasa, memasuki Ramadan kembali turun, dan naik kembali menjelang Lebaran," terangnya.

Agung menyebut, Kementan telah melakukan pemenuhan pasokan pangan nasional sejak sebulan sebelum Ramadan, seperti beras, jagung, kedelai, aneka cabai, telur ayam, dan lain-lain.

"Semua komoditas sampai Mei 2021 mencukupi, dan secara umum hampir sama dengan tahun lalu," jelasnya.

Meski demikian, dia menambahkan, ada sejumlah komoditas yang perlu impor untuk memenuhi stok, yaitu bawang putih, daging sapi dan kerbau, serta gula pasir.

Ia menyebut, kebijakan impor untuk tiga komoditas pangan itu sudah menjadi keputusan para menteri saat rapat di kantor Kemenko Perekonomian.

"Sudah menjadi suatu keputusan, dan memutuskan kapan barang itu akan masuk. Sehingga kalkulasi sementara ini, sampai dengan Mei semua mencukupi," tandasnya.

Adapun, impor bawang putih ditetapkan sebanyak 202 ribu ton, daging sapi maupun kerbau 111 ribu ton, dan gula pasir 796 ribu ton.

Halaman
12
Editor: Vito
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved