Breaking News:

Ngopi Surup

Kisah Inspiratif Tatto Suwarto Pengusaha Jadi Bupati Cilacap

Sebelum menjadi Bupati Cilacap, Tatto adalah seorang pengusaha sukses dan aktif mengurus pondok pesantren.

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Usianya sudah lebih dari 64 tahun. Namun penampilan Tatto Suwarto Pamuji Bupati Cilacap masih trendi dan tampak muda. Menjadi Bupati Cilacap sejak 2010 hingga sekarang, Tatto konsisten menjaga kesehatan demi tanggungjawab membangun dan menyejahterakan masyarakat Cilacap.
Sebelum menjadi Bupati Cilacap, Tatto adalah seorang pengusaha sukses dan aktif mengurus pondok pesantren. Di Kecamatan Majenang, Cilacap Barat ia sebagai keluarga terpandang, masih anggota keluarga besar Ponpes El Bayan, Majenang.
Selain itu, Tatto juga dikenal sebagai pebisnis handal. Naluri bisnisnya menurun dari orangtuanya. Sebagai seorang pengusaha dan keluarga besar pesantren, Tatto tahun 2007 dipinang oleh Probo Yulastoro untuk maju menjadi wakilnya dalam Pilkada Cilacap.
Kisah perjalanan karier dan seluk beluk gaji sebagai Bupati Cilacap dibuka blak-blakan dalam obrolan santai bersama Tribunjateng.com melalui program Ngopi Surup yang dipandu oleh Erwin Ardian, Pemred Tribun Jateng. Video Ngopi Surup sudah tayang di media sosial Tribunjateng, dan kali ini disajikan kepada pembaca koran cetak, yang ditranskrip oleh Choirul Muzaki reporter Tribun Jateng. Berikut petikan wawancaranya.
Bagaimana bisa tertarik ke politik?
Dulu saya tamatan STM di Bandung. Mungkin karena saya pengusaha kemudian dilirik dipinang jadi calon wakil bupati waktu itu.
Akhirnya jadi Bupati?
Iya saya wakil bupati hanya dua tahun kemudian menjadi Plt Bupati. Lalu naik menjadi Bupati Cilacap periode 2010-2012. Saya menggantikan posisi Bupati Probo Yulastoro yang tersandung masalah hukum. Kemudian menang lagi di Pilkada Cilacap untuk periode 2012-2017. Kemudian kembali terpilih untuk periode 2017-2022.
Kami pilih Syamsul Aulia sebagai wakil bupati. Dia ahli di bidang ilmu pemerintahan. Dia muda. Ibadah bagus, jujur dan pintar, lulusan IPDN. Saya persiapkan ke depan.
Perusahaan masih jalan?
Ya sebagai bupati tentu saya harus meletakkan usaha yang selama ini saya bangun. Harus fokus mengurus masyarakat, membangun daerah. Padahal, gaji Bupati atau wakil Bupati tidaklah seberapa.

Tatto Suwarto Pamuji Bupati Cilacap
Tatto Suwarto Pamuji Bupati Cilacap (tribun jateng)

Dukungan keluarga bagaimana?
Pertama lihat gaji saya sebagai kepala daerah, ya istri kaget. Istri saya, Tetty Rohatiningsih rutin menerima nafkah lalu kaget. Istri kaget gaji saya Rp 5,3 juta. Padahal biasanya di rumah dapat sehari Rp 5 juta.
Untuk apa gaji bupati?
Saya tak mempermasalahkan gaji berapapun. Selanjutnya gaji disimpan sampai sekarang. Nanti tabungan gaji sebagai bupati kita buka pada bulan November 2022. Semuanya kita serahkan kepada anak yatim dan fakir miskin. Saya nggak berani otak atik.
Apa rencana ke depan?
Saya ingat pesan ibu saya bila nanti punya uang tolong perhatikan anak anak miskin yang hafiz quran. Itu insyaallah saya tunaikan, saya perhatikan betul. Saya kan bupati dosanya banyak. Kaki kiri di neraka dan kaki kanan di surga, tapi saya ingin lebih berat ke kanan (surga). Mau apa lagi? anak anak saya sudah selesai semua, sudah lulus.
Katanya pernah sakit parah?
Iya saya malah sudah tiga kali hampir meninggal tapi hidup sehat lagi. Saya juga pernah positif covid. Kuncinya semangat sehat. Semangat bahagia dan ibadah. Insyaallah Tuhan kasih kita sehat dan sehat. Padahal sudah ada komorbid, dan dibilang tak bisa ditolong. Tapi saya yakin Allah yang atur semuanya. Dan akhirnya masih diberi hidup. Diberi kesempatan bekerja berkarya. Saya gunakan waktu sebaik-baiknya, yang barokah. (aqy)

Penulis: khoirul muzaki
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved