Breaking News:

Berita Semarang

 Pemkot Semarang Tak Rekomendasikan Acara Bukber selama Ramadan

Maturi mengatakan, bukber maupun sahur bersama berpotensi berkumpulnya orang dalam jumlah banyak

TribunJateng.com/Eka Yulianti Fajlin
DPRD Kota Semarang menggelar dialog interaktif bertema Menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 H Pasca Pandemi Covid-19, di Star Hotel, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota Semarang tidak merekomendasikan acara buka bersama (bukber) selama Ramadan 2021.

Hal itu disampaikan Kasubbag Pelayanan Sosial Bagian Kesra Maturi, saat dialog interaktif bersama DPRD Kota Semarang, di Star Hotel, Senin (12/4/2021).

Maturi mengatakan, bukber maupun sahur bersama berpotensi berkumpulnya orang dalam jumlah banyak.

Dikhawatirkan, terjadi kelalaian dalam penerapan protokol kesehatan.

Maka, Pemerintah Kota Semarang tidak merekomendasikan kegiatan buka bersama.

"Pemkot tidak merekomendasikan bukber. Kami harus menjaga kebebasan tetap terkendali, tidak bebas total tapi ibadah kena, kesehatan juga terjaga," papar Maturi.

Pemerintah Kota Semarang membatasi aktivitas usaha hingga pukul 24.00. Saat sahur, pihaknya mempersilakan tempat makan melayani masyarakat namun tidak boleh dibuka secara lebar yang nantinya berpotensi terjadi kerumunan.

"Saat sahur, pintunya (tempat makan) boleh dibuka sedikit untuk melayani tapi tidak boleh dibuka secara lebar-lebar. Kami harap kebijakan pemerintah bisa dilaksanakan masyarakat," jelasnya.

Kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah Kota Semarang, menurut dia, berpijak pada surat edaran dari kementrian dan telah dimusyawarahkan bersama seluruh Forkopimda Kota Semarang. Di sisi lain, kebijakan juga memperhatikan laporan dari Dinas Kesehatan bahwa kondisi Covid-19 sudah relatif landai.

Di sisi lain, dia mengingatkan aktivitas ibadah di masjid harus memperhatikan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Eka Yulianti Fajlin
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved