Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Perbaikan Jembatan Kaligintung dan Clirit View Kalibakung Kab.Tegal Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

Sehingga Jaenal menyebut sebelum lebaran target jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan umum seperti biasa

TribunJateng.com/Desta Leila Kartika
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin, saat ditemui di Polres Tegal, Senin (12/4/2021) dan dimintai keterangan mengenai target perbaikan jalan di Clirit view Kalibakung dan Jembatan Kaligintung akan selesai kapan. Jaenal menyebut perbaikan sementara akan selesai sebelum hari raya idul fitri. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Jelang bulan suci ramadan antisipasi ataupun persiapan tidak hanya fokus kepada pengamanan dan prokes saja, tidak kalah penting perbaikan jalan di Clirit View Kalibakung dan jembatan Kaligintung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal perlu diperhatikan. Mengingat keduanya merupakan akses utama bagi warga sekitar. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tegal, Jaenal Dasmin menjelaskan, bahwa sampai saat ini perbaikan di jembatan Kaligintung sudah mencapai 40 persen. Sedangkan untuk yang di Clirit View Kalibakung sudah mencapai 89,84 persen. 

Sehingga Jaenal menyebut sebelum lebaran target jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan umum seperti biasa.

"Kalau perbaikan di Jembatan Kaligintung proses urugan sudah selesai tinggal bronjong dan mengatur aliran air yang tidak beraturan dari sawah. Sedangkan untuk di jalan Clirit View pengerjaan yang sudah mapan adalah jalan yang lama kalau untuk yang baru urugan belum mapan karena tanah yang masih terus bergerak. Sehingga sebelum lebaran diharapkan sudah selesai dan bisa dilalui kendaraan," terang Jaenal Dasmin, pada Tribunjateng.com, Senin (12/4/2021).

Jaenal mengungkapkan, untuk perbaikan jalan di Clirit View Kalibakung dan jembatan Kaligintung yang ditargetkan selesai sebelum lebaran sifatnya tanggap darurat atau masih semi permanen.

Sehingga untuk penyelesaian atau finishing nya nanti akan dikerjakan (ditindaklanjuti) oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Jadi apakah nanti jalan diaspal, dibeton atau apa yang mengetahui adalah dinas terkait.

"Kalau di Clirit sementara menggunakan CTB (Cement Treated Base) adalah campuran pasir, semen, air, serta kerikil halus dan kasar sehingga nanti jalan agak keras dan dipadatkan. Untuk tebalnya sendiri sekitar 15cm, sehingga sudah bisa dilewati untuk kendaraan umum," jelasnya.

Karena jalan di Clirit View Kalibakung tidak direlokasi, maka untuk saat ini yang menjadi fokus utama adalah menguatkan struktur jalannya. Baik di bagian badan maupun luar jalan harus kuat. 

Seperti pemasangan bronjong atau keranjang, kandang, silinder yang berisi batu, beton, tanah dan pasir yang digunakan sebagai pondasi dan lain sebagainya.

Dengan kata lain saat ini semua pengerjaan masih bersifat darurat atau sementara. Sedangkan untuk pengerjaan permanennya akan diapakan ini merupakan tugas dari DPU.

Halaman
12
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved