Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

90 Calon Jemaah Haji & Lansia di Kabupaten Tegal Ikuti Vaksin Covid-19, Mabruri: Tak Batalkan Puasa

Adapun peserta yang mengikuti vaksin merupakan mereka yang berdomisili atau berasal dari kecamatan Slawi Kabupaten Tegal

Istimewa
Salah satu lansia yang sedang memdapat giliran untuk disuntik vaksin Covid-19, berlokasi di Puskesmas Slawi Kabupaten Tegal, Selasa (13/4/2021). Meski masuk bulan ramadan, pelaksanaan vaksinasi masih terus berlanjut karena sesuai fatwa MUI vaksinasi tidak membatalkan puasa. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Meski dalam suasana bulan ramadan, sebanyak 90 orang yang terdiri dari calon jemaah haji dan lansia di Kabupaten Tegal tetap ikuti vaksinasi Covid-19 dosis kedua di Puskesmas Slawi, Selasa (13/4/2021). 

Adapun peserta yang mengikuti vaksin merupakan mereka yang berdomisili atau berasal dari kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.

Kepala Puskesmas Slawi, Mabruri Ariyanto menjelaskan, sesuai fatwa MUI vaksinasi tidak membatalkan puasa sehingga proses pemberian vaksin terus dijalankan. 

Kali ini masih menyasar lansia dan mereka yang akan melaksanakan ibadah haji. 

"Saat ini jarak antara vaksin dosis pertama dan kedua baik yang muda atau lansia semuanya sama yaitu berjarak 28 hari. Dan saat bulan ramadan ini tetap dilaksanakan, karena sesuai fatwa MUI bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa," jelas Mabruri, pada Tribunjateng.com.

Tidak lupa, Mabruri mengimbau masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi terutama yang sedang puasa untuk mengikuti vaksin Covid-19 lebih pagi.

Kenapa dianjurkan lebih pagi? Karena kondisi tubuh masih fit berbeda lagi kalau sudah siang bisa saja ada yang mulai merasa lapar ataupun kehausan.

"Sementara jumlah stok vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan baik Kabupaten maupun Provinsi masih diperuntukkan bagi dosis kedua.

Karena dari pemerintah pusat belum ada dropping lagi, sehingga dosis satu bagi lansia maupun petugas layanan publik masih menunggu dropping vaksin berikutnya.

Pada intinya yang belum divaksin saya imbau untuk sabar terlebih dahulu," imbaunya. (dta)

Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved