Breaking News:

Unimar AMNI

Ada Tiga Prodi di Fakultas Kemaritiman Unimar AMNI, Ini Keunggulan Masing-masing

Di bidang maritim itu dengan adanya fakultas kemaritiman, kampus ini membawahi tiga prodi yakni teknika, nautika, dan tatalaksana.

IST
Capt Sutini Dekan Fak Kemaritiman Unimar AMNI Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Unimar AMNI Semarang atau kampus biru terkenal di bidang kemaritimannya.

Di bidang maritim itu dengan adanya fakultas kemaritiman, kampus ini membawahi tiga prodi yakni teknika, nautika, dan tatalaksana.

Bagaimana perbedaan ketiga prodi tersebut dan keunggulan masing-masing?

Pada dasarnya, ketiga prodi ini mengarah pada dunia kelautan.

Hanya, lingkup bidang ketatalaksanaan berfokus ke pelabuhan.

Adapun di bidang Nautika dan Teknika, para taruna dipersiapkan untuk berlayar.

Para taruna mengenyam pendidikan sekurang-kurangnya selama tiga tahun untuk mendapatkan gelar D3-nya.

Mulai dari dua tahun pertama mendapat materi di kampus, kemudian melakukan Prada, ujian profesi untuk mendapatkan SKL, dan berlanjut komprehensif serta persyaratan lain.

“Nautika memiliki dua ijazah, yaitu ijazah D3 dan profesi. Teknika juga memiliki dua ijazah, D3 dari Dikti dan ahli teknik dari perhubungan laut. Sementara ketatalaksanaan satu ijazah, D3 Nautika mendapat 2 ijasa yaitu D3 Nautika dan ANT III sedangkan yang Teknika D3 Teknika dan ATT III,” terang Capt Sutini, Dekan Fakultas Kemaritiman Unimar AMNI.

Dalam dunia praktisnya, lanjut Sutini, para lulusan ketiga prodi ini dapat bergabung ke dalam perusahaan-perusahaan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Melihat dari rekam jejak para lulusan sendiri, telah ada banyak lulusan yang tersebar di berbagai penjuru dunia.

“Saat ini masih dibutuhkan banyak tenaga pelaut, karena di laut sistem kerjanya sekali kontrak ada yang 6 bulan 9 bulan untuk yang teknika dan nautika. Pasti dia akan turun dan bergantian dengan yang lain. Sedangkan potensi tatalaksana dapat merambah mulai dari di keagenan, beacukai, Pelindo, dan lain-lain. Penyerapan tenaga kerja untuk tatalaksana besar dan kami pasti kehabisan stok untuk lulusan ini,” papar dia.

Lebih lanjut Kapten Sutini membeberkan, untuk meningkatkan kualitas para taruna yang menempuh pendidikan D3 bidang kemaritiman ini, pihaknya menyebut akan meningkatkan status menjadi D4.

Dengan peningkatan itu, menurutnya, akan membuat para lulusan lebih siap dalam menghadapi dunia kerja.

“Dengan peningkatan itu, kami (yakin) akan lebih maju lagi untuk bersaing di dunia pemasaran dan tenaga kerja. Ini karena bidang maritim di mata dunia sangat dibutuhkan dan lapangan kerja sangat terbuka karena Indonesia sebagian besar adalah laut. Kami sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang pembelajaran mereka selama menempuh pendidikan di sini,” ungkapnya. (idy)

Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved