Breaking News:

Universitas Ivet Semarang

Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan

Tidak terasa kita kembali menjumpai bulan penuh berkah yaitu Bulan Ramadhan yang bukan sekadar momen untuk membersihkan hati dan memperbanyak ibadah

IST
Chairunisa Nur Rarastiti SGz MSi, Dosen Program Studi Ilmu Gigi Universitas Ivet 

Oleh: Chairunisa Nur Rarastiti SGz MSi
Dosen Program Studi Ilmu Gizi Universitas Ivet Semarang

TIDAK terasa kita kembali menjumpai bulan penuh berkah yaitu Bulan Ramadhan yang bukan sekadar momen untuk membersihkan hati dan memperbanyak ibadah. Namun, juga sebagai momen memperbaiki kebiasaan diri untuk menjaga kesehatan dengan makan secara bijak yaitu makan sesuai apa yang dibutuhkan, bukan apa yang diinginkan.

Asupan makan saat puasa dengan saat tidak puasa, memiliki proporsi yang sama karena tubuh tetap memerlukan asupan makanan yang baik. Apalagi berpuasa di masa pandemi, tentunya harus ekstra memperhatikan tubuh agar tetap sehat dan bugar.

Metabolisme tubuh pada saat puasa, yang terjadi adalah setelah makan tubuh menyerap zat gizi (glukosa) untuk proses metabolisme. Setelah glukosa menurun, tubuh akan menggunakan energi (glikogen) yang tersimpan di hati dan otot untuk melanjutkan proses metabolisme. Saat glikogen menurun, maka simpanan lemak akan menggantikan energi untuk proses metabolisme.

Yang perlu diperhatikan mengenai pola makan saat puasa adalah menu seimbang, beranekaragam dan tentunya mengandung zat gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Seperti yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan RI bahwa menu seimbang digambarkan dalam “Isi Piringku”. Penjelasan dalam gambar “Isi Piringku” adalah dalam satu piring mencakup dua pertiga bagian makanan pokok, dua pertiga bagian sayuran, satu pertiga bagian lauk pauk, dan satu pertiga bagian buah. Tentu harus bijak menentukan makanan yang dipilih dan diolah, karena selain asupan tercukupi juga membuat tubuh sehat.

Kementerian Kesehatan RI dalam “Pedoman Gizi Seimbang” juga menganjurkan untuk membatasi gula, garam dan minyak. Dalam sehari, jumlah gula maksimal 4 sendok makan, garam maksimal 1 sendok teh, dan minyak maksimal 5 sendok makan. Ingat, jumlah tersebut adalah jumlah keseluruhan dalam sehari dari sumber makanan atau minuman.

Maka alihkan makanan yang dimasak goreng ke makanan yang dimasak rebus, kukus dan tumis. Serta pilih bahan makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan sumber lainnya. Hindari konsumsi karbohidrat terlalu banyak saat sahur karena lebih cepat menimbulkan rasa lapar. Sebaiknya makan sahur dari sumber karbohidrat kompleks, protein, vitamin, mineral dan serat. Sama halnya dengan saat berbuka puasa.

Ketersediaan cairan dalam tubuh tidak akan terganggu meski saat puasa, asalkan mengonsumsi air putih yang cukup saat sahur dan berbuka yaitu total minimal 8 gelas sehari. Sangat penting untuk mengurangi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman soda karena bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan.

Berpuasa juga bukan alasan untuk tidak berolahraga. Tentunya saat berpuasa perlu mengetahui seberapa sering olahraga, intensitas, berapa lama dan jenis olahraga yang dilakukan. Menurut anjuran Kementerian Kesehatan RI, aktivitas fisik perlu dilakukan minimal 30 menit per hari. Olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah, dengan alat sederhana atau bahkan tanpa bantuan alatpun olahraga dapat dilakukan di dalam rumah.

Berolahraga saat puasa dapat dilakukan 3-5 kali seminggu dengan intensitas rendah hingga sedang dan durasi maksimal 60 menit agar hidrasi tetap terjaga. Jika olahraga dilakukan pagi hari sebaiknya intensitasnya rendah, dan jika dilakukan sore hari pilih waktu 1-2 jam menjelang berbuka. Pilih olahraga yang disenangi agar tidak membosankan. Saat berolahraga, apabila badan terasa lemas, berkunang-kunang atau menggigil maka hentikan olahraga. Jangan lupa untuk istirahat dengan tidur yang cukup selama 7-8 jam per hari. 

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan sehat dan bugar. (*)

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved