Breaking News:

Berita Video

Video Kontes Cupang Diikuti Ratusan Peserta

Ratusan peserta dari Kabupaten Kudus dan luar kota mengikuti kontes Cupang di Desa Megawon.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Berikut ini video kontes cupang diikuti ratusan peserta.

Ratusan peserta dari Kabupaten Kudus dan luar kota mengikuti kontes Cupang di Desa Megawon, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Minggu. (11/4/2021). Ketua panitia kontes, Muhammad Ridwan (29) mengatakan, acara bertajuk Kudus Betta Contest ini baru pertama kali diselenggarakan. Jumlah pesertanya, kata dia, sebanyak 198. Sebagian peserta berasal dari luar Kota Kudus, seperti Pati, Blora, dan Semarang.

Dia menyampaikan, kontes ini mempertandingkan cupang kelas original atau non salon crowntail, halfmoon, plakat, baby, giant warna, female open. Sementara untuk kelas umum non salon ada crowntail, halfmoon, dan plakat.  Tiga pemenang di tiap kategori akan diberi piala. Dengan ketentuan setiap kategori minimal diikuti lima peserta. Jika kategori diikuti tiga peserta, kata dia, piala tidak keluar.

Dikatakan Ridwan, juara 1 di setiap kategori mendapat piala, uang Rp100.000 dan piagam. Juara 2 mendapat piala, uang Rp70.000, dan piagam. Juara 3 mendapat piala dan uang Rp50.000. Sementara itu untuk cupang juara best of show  kategori original mendapat uang Rp150.000 dan kategori umum atau salon mendapat uang Rp200.000. 

Dia mengungkapkan kontes Cupang ini menghadirkan dua juri yang berkompeten di bidangnya, yakni Om Fajar dari Jepara dan Om Heri dari Pekalongan. Dua juri tersebut, kata Ridwan, sudah malang melintag di dunia cupang. Keahliannya mengetahui seluk beluk Cupang tidak diragukan lagi.

Untuk itu, dalam kontes ini, pihaknya juga menghadirkan juri pendamping yang akan menyerap keahlian dua juri utama itu. Sehingga pada penyelanggaraan kontes cupang ke depan, Kudus sudah memiliki juri yang berkompeten.

”Dengan acara ini pecinta Cupang di Kudus bisa saling bertemu dan bersatu,” ujar Ridwan.

Salah seorang peserta asal Blora, Pujianto (35) menceritakan niat mengikuti kontes Cupang di Kudus untuk bersilaturahim dengan sesama pecinta Cupang asal luar daerah. Dengan silaturahim itu, kata dia, kelak kalau ada kontes Cupang di Blora, peserta luar daerah bisa antusias mengikuti.

”Memperkuat jaringan sesama pecinta Cupang ibaratnya,” katanya.

Pria yang juga menjati Wakil Ketua Samin Betta Blora itu mengunggkapkan membawa 13 Cupang dalam kontes ini. Belasan Cupang, kata Pujianto, itu hasil ternak sendiri. untuk peluang memenangkan kontes ini, Pujianto mengaku belum bisa memprediksi.

Dia menceritakan, hampir setiap daerah saat ini rutin menggelar kontes Cupang. Komunitasnya saban seminggu sekali menggelar kontes yang diikuti pecinta Cupang dari Blora. Acara-acara kontes Cupang, ujar dia, bisa memberi wadah peternak dan pecinta Cupang dari untuk menunjukkan koleksi dan keahliannya menernak ikan tersebut.

(*)

TONTON JUGA DAN SUBSCRIBE:

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan
Editor: abduh imanulhaq
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved