Breaking News:

Biden Kirim Delegasi ke Taiwan di Tengah Tindakan Agresif China, Sinyal Penting bagi Taipei

Keputusan AS mengirim delegasi itu dianggap sebagai sinyal dukungan untuk Taiwan di tengah ancaman yang semakin meningkat dari China.

Andrew Harnik / POOL / AFP
Presiden AS Joe Biden 

TRIBUNJATENG.COM, WASHINGTON DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memutuskan untuk mengirim delegasi tidak resmi ke Taiwan pada Rabu (14/4).

Hal itu dilakukan di tengah tindakan agresif China unjuk kemampuan militer di sekitar Selat Taiwan, lewat latihan militer yang digelar. 

Delegasi yang dikirim ke Taiwan adalah para mantan pejabat AS sebagaimana dilansir AFP.

Delegasi tersebut meliputi mantan Senator AS Christopher Dodd, mantan Wakil Menteri Luar Negeri AS Richard Armitage, dan mantan Wakil Menteri Luar Negeri AS James Steinberg.

"Pemilihan tiga orang ini, yaitu dua negarawan yang punya hubungan lama dengan Taiwan dan secara pribadi dekat dengan Biden, mengirimkan sinyal penting mengenai komitmen AS terhadap Taiwan dan demokrasinya," kata seorang pejabat senior Biden, kepada Reuters.

Keputusan tersebut dianggap sebagai sinyal dukungan untuk Taiwan di tengah ancaman yang semakin meningkat dari China.

Taiwan mengatakan, Dodd, Armitage, dan Steinberg akan mendarat di Taipei pada Rabu sore waktu setempat.

"Sekali lagi, kunjungan ini menunjukkan hubungan yang kuat antara Taiwan dan Amerika Serikat," kata Juru Bicara Kantor Kepresidenan Taiwan, Xavier Chang.

"(Hubungan) itu kuat seperti batu," sambungnya.

Kantor kepresidenan Taiwan mengumumkan bahwa Presiden Tsai Ing-wen kemudian akan bertemu langsung dengan delegasi AS itu pada Kamis (15/4).

Halaman
12
Editor: Vito
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved