Breaking News:

Happy Ramadhan

Masih Terdampak Pandemi, Pesantren Ramadhan SMP IT PAPB Digelar Online

SMP Islam Terpadu (IT) Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) Kota Semarang membuka kegiatan Ramadhan Online 1.7

Istimewa
Kepala SMP IT PAPB Semarang H. Ramelan didampingi Widodo selaku penjamin mutu internal sekolah meng-klik aplikasi Sistem Informasi Ramadan (SIR) sebagai penanda dimulai kegiatan Pesantren Ramadan Online 1.7, bertempat di Aula, Senin (12/4/21). 

Penulis: Hermawan Handaka

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - SMP Islam Terpadu (IT) Pengajian Ahad Pagi Bersama (PAPB) Kota Semarang membuka kegiatan Ramadhan Online 1.7 di Aula Lt 3 sekolah yang terletak di Jalan Panda No. 44 Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (12/4/2021).

Ketua Panitia Pesantren Ramadan 1442 H SMP IT PAPB, Yani Dwi Purwanti mengucap syukur atas nikmat kesempatan bertemu dengan Bulan Ramadhan.

"Melalui Bulan Ramadhan 1442 H kita mengharapkan siswa-siswi sebagai generasi milenial yang islami, hanya satu mengharap ridha ilahi dengan membekalinya 7 nilai yang baik," kata Yani di hadapan para guru dan siswa yang mengikuti secara online.

Dijelaskan, nilai-nilai tersebut di antaranya bertauhid, ikhlas, ukhuwah islamiyah, mandiri, luhur, sederhana, dan berwawasan luas. Adapun ragam kegiatan Ramadhan Online 1.7 berupa Jalsah Ruqyah Qur'aniyah (JRQ), Kajian Online, Obrolan Muslim Muslimah (Obras) secara live dalam bentuk talkshow untuk memotivasi para santri agar terus berprestasi, dan Hadist Ramadhan, serta monitoring ibadah selama Ramadhan baik yang wajib maupun sunah.

Selain itu, juga ada kegiatan sosial Ramadhan Berbagi Berkah dalam bentuk pemberian zakat, infaq, dan sedekah bagi masyarakat yang kurang mampu, dan anak di panti asuhan.

"Kami telah mengonsep kegiatan ini secara matang. Kami harap pesantren Ramadhan 1442 H ini bisa bermanfaat dan semata-mata untuk menggapai ridho Allah," tuturnya.

Kepala Sekolah, H Ramelan, berterima kasih atas semangat panitia menyemarakkan Ramadan ini dengan kegiatan pesantren online. “Walau di tengah pandemi, kegiatan Ramadan harus berjalan,” ungkapnya. 

Ramelan menyadari, Ramadan di masa pandemi memang dirasa sangat beda, karena pada umumnya kegiatan berubah dalam jaringan (Daring).

Baca juga: Istri Guru yang Tewas Ditembak KKB Selamat karena Bersembunyi 5 Jam di Kamar Mandi: Kami Diam Berdoa

Baca juga: Hari Ini Jaksa Akan Hadirkan Saksi Kasus Tes Usap Palsu Habib Rizieq dari RS Ummi Bogor

Baca juga: Berikut Prakiraan Cuaca Kudus Rabu, 14 April 2021

Baca juga: Resep Es Blewah Jeruk Super Segar untuk Buka Puasa

Karena itu, Kepala SMP IT PAPB Semarang itu sangat rindu dengan hiruk pikuk suasana Pesantren Ramadhan tatap muka.

"Kami sebenarnya rindu anak-anak semua, hanya saja tanpa mengurangi makna nyantri secara virtual, mari kita sambut Pesantren Ramadan ini dengan rasa tenang, senang," ajaknya.

Sebagai penanda dibukanya pesantren online yang diikuti 386 siswa dari kelas 7-9, Ramelan meng-klik aplikasi Sistem Informasi Ramadan (SIR) yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan didampingi Widodo selaku penjamin mutu internal sekolah, Wiekaningtiyas selaku HRD, bapak/ibu guru yang hadir offline dengan protocol kesehatan yang ketat. “Bismillah, saya klik aplikasi SIR pesantren online SMP IT PAPB Semarang bertema one point seven,” pungkasnya. (*)

Penulis: Hermawan Handaka
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved