Breaking News:

Pertamina

Pemkab Semarang Resmikan Pertashop Bumdes Bergas Kidul

emerintah Kabupaten Semarang meresmikan Pertashop yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bergas Mandiri Sejahtera pada Senin (12/4)

IST
Pemkab Semarang usai meresmikan Pertashop yang dikelola oleh Bumdes Bergas Kidul, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, UNGARAN ― Pemerintah Kabupaten Semarang meresmikan Pertashop yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bergas Mandiri Sejahtera pada Senin (12/4) di Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Semarang, H. Basari bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Heru, Camat Bergas dan Kepala Desa Bergas Kidul.

Dalam sambutannya, Basari mengapresiasi Bumdes Bergas Kidul yang berhasil mendirikan Pertashop sebagai salah satu kegiatan usaha baru berbasis masyarakat atau Bumdes.

“Selain membawa keuntungan bagi Bumdes, kehadiran Pertashop juga memberikan manfaat bagi masyarakat umum, khususnya yang berada di pedesaan untuk mendapatkan kebutuhan bahan bakar yang aman dan berkualitas,” ujar Basari.

Dirinya menambahkan, dengan adanya Pertashop, masyarakat dapat memperoleh bahan bakar berkualitas setara dengan harga SPBU.

“Tentunya Pertashop dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan mendekatkan akses bahan bakar yang lebih dekat dan merata,” imbuhnya.

Secara terpisah, Brasto Galih Nugroho selaku Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, dalam keterangan pers mengungkapkan Pertamina akan terus memperluas jangkauan Pertashop, khususnya di wilayah operasi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Wakil Bupati Semarang melakukan pengisian perdana dari Pertashop Bergas Kidul ke salah satu kendaraan bermotor
Wakil Bupati Semarang melakukan pengisian perdana dari Pertashop Bergas Kidul ke salah satu kendaraan bermotor (IST)

“Saat ini sudah terbangun 195 Pertashop, di mana 145 outlet berada di Jawa Tengah dan 50 di DIY. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan masyarakat akan BBM yang berkualitas di pedesaan,” ungkap Brasto.

Dirinya menerangkan, Pertashop merupakan satu-satunya lembaga penyalur BBM yang memiliki izin resmi dari pemerintah untuk beroperasi di pedesaan.

Untuk mempercepat perluasan Pertashop, Brasto menambahkan Pertamina telah membuka peluang investasi Pertashop dengan mekanisme kemitraan, dengan badan usaha, seperti Koperasi, PT, CV, termasuk Bumdes.

“Bagi masyarakat yang tertarik untuk mendirikan Pertashop, dapat memperoleh informasi seputar persyaratan dan tata cara pendaftaran melalui website di halaman ptm.id/MitraPertashop atau dengan menghubungi Pertamina Contact Center di nomor 135,” tutup Brasto. (*) 

Editor: abduh imanulhaq
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved