Breaking News:

Berita Kendal

PMI Kendal Terima Permintaan Penyemprotan Disinfektan untuk Masjid Sepanjang Ramadhan

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal memberikan fasilitas penyemprotan cairan desinfektan untuk masjid dan musala selama Ramadhan

Istimewa
Petugas PMI Kendal melakukan penyemprotan cairan desinfektan di masjid dan musala, Selasa (13/4/2021). 

Penulis: Saiful Masum

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kendal memberikan fasilitas penyemprotan cairan desinfektan untuk masjid dan musala selama Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk mendukung program pencegahan menularnya Covid-19 saat kegiatan salat tarawih berjamaah berlangsung.

Petugas PMI, Agung Dwi Setiawan mengatakan, PMI menerima permintaan penyemprotan desinfektan bagi siapapun untuk masjid dan musala di Kendal yang digunakan sebagai tempat ibadah salat tarawih. 

Pertama, penyemprotan desinfektan sudah menyasar masjid-masjid di sepanjang Jalan Pantura sejak Sabtu kemarin. Dengan tujuan, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah di masjid dan musala selama Ramadhan. 

"Kenapa sasaran utama masjid atau musala di jalan pantura, karena dimungkinkan banyak pengguna jalan dari luar kota yang ikut salat. Sehingga potensi penularan Covid-19 tinggi," terangnya, Selasa (13/4/2021).

Kata Agung, PMI Kendal tercatat sudah melayani penyemprotan desinfektan di masjid dan musala di beberapa kecamatan. Pihaknya terus membuka permintaan khusus tempat ibadah selama Ramadhan berlangsung. 

"PMI berusaha membantu masyarakat agar dalam melaksanakan ibadah puasa dan tarawih lebih aman dan nyaman. Meski begitu, tetap harus mengedepankan protokol kesehatan saat ibadah bersama-sama," ujarnya. 

Sebelumnya, fasilitasi penyemprotan desinfektan oleh PMI Kendal ditujukan untuk fasilitas-fasilitas umum yang sering digunakan masyarakat. Seperti stadiun sepakbola, gor, gedung pertemuan dan fasilitas lainnya. 

Seorang pengurus Masjid Jabal Desa Protomulyo, Muhammad Iswan mengatakan, dengan bantuan fasilitasi penyemprotan desinfektan ini setidaknya bisa menambah kekhusukan jamaah dalam menjalankan ibadah. 

"Penyemprotan ini tentu membuat jamaah akan lebih aman dan nyaman. Mereka jadi lebih khusuk, tetapi tetap memakai masker, membawa alat salat pribadi dan membatasi mobilitas atau interaksi saat beribadah. Karena kita tahu, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum selesai," tuturnya. (Sam)

Penulis: Saiful Ma'sum
Editor: rival al manaf
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved