Breaking News:

Umi Azizah

Bupati Tegal Panen Pisang 150 Kg Hasil Kreatifitas Karang Taruna

Karang Taruna yang menanami lahan kosong seluas 1.050 meter persegi milik Dinas Sosial Kabupaten Tegal dengan 120 batang pohon pisang. 

Istimewa
Bupati Tegal Umi Azizah, saat hadir di panen perdana kelompok karang taruna Kabupaten Tegal yang berhasil mengubah lahan kosong menjadi kebun pisang dan menghasilkan nilai ekonomis. Pada kesempatan ini sekaligus secara simbolis menyerahkan Kartu Tanda Anggota Elektronik Karang Taruna Kabupaten Tegal, Jumat (9/4/2021) lalu.  

Penulis: Desta Leila Kartika 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Situasi krisis akibat pandemi Covid-19 telah mendorong lahirnya gagasan kreatif.

Salah satunya inisiasi dari pemuda Karang Taruna yang menanami lahan kosong seluas 1.050 meter persegi milik Dinas Sosial Kabupaten Tegal dengan 120 batang pohon pisang. 

Dari lahan tersebut, berhasil dipanen 150 kilogram pisang hanya dari sembilan pohon yang buahnya sudah matang lebih dulu.

Panen perdana pisang ini disaksikan Bupati Tegal Umi Azizah, yang sekaligus secara simbolis menyerahkan Kartu Tanda Anggota Elektronik Karang Taruna Kabupaten Tegal, Jumat (9/4/2021) lalu. 

Umi pun mengapresiasi keuletan pemuda Karang Taruna dalam mengolah lahan non produktif tersebut hingga berkembang pohonnya menjadi 300 batang.

“Pembatasan aktivitas sosial tidak lantas menjadikan kita tidak produktif. Sebaliknya, pemuda Karang Taruna memberikan contoh, melihat ada pekarangan kosong di instansi pengampunya, mereka olah jadi kebun pisang yang hasilnya bernilai ekonomi,” kata Umi, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Rabu (14/4/2021). 

Umi memandang, gagasan pemuda menanam tersebut adalah bagian dari gerakan kemandirian pangan lewat produksi sumber pangan dari pekarangan. 

Ia pun menitip pesan agar gerakan semacam ini bisa dikembangkan di lingkungan permukiman dengan orientasi menopang kebutuhan pangan keluarga.

Pada skala yang lebih besar, Umi berharap pemuda Karang Taruna bisa ikut serta mendukung terwujudnya Kawasan Rumah Pangan Lestari atau KRPL. 

Halaman
123
Penulis: Desta Leila Kartika
Editor: Daniel Ari Purnomo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved